Desa Lesmana Rencanakan Pembangunan Hanggar Sampah Mandiri

Desa Lesmana Rencanakan Pembangunan Hanggar Sampah Mandiri

Menekan sampah warganya yang sebagian besar masih masuk ke TPA Tipar, Desa Lesmana tahun ini merencanakan untuk membuat hanggar sendiri.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Banyak desa di Kecamatan Ajibarang mulai merencanakan pembuatan hanggar sendiri. Selain Desa Ajibarang Kulon, Desa Lesmana juga telah menganggarkan sejumlah Dana Desa (DD) untuk membuat hanggar sampah sendiri.

Sekretaris Desa Lesmana, Muhyidin mengatakan saat ini pengelolaan sampah di desanya masih dihandel oleh pihak dari luar desa. Dirinya sendiri per bulan ditarik iuran sebesar Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu.

"Sebagian besar masih dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tipar," katanya pada Radarmas, Rabu (2/8).

BACA JUGA:Desa Banjarsari dan Desa Lesmana Saling Klaim Pertahankan Batas Masing-Masing Desa

Muhyidin menjelaskan pertimbangan untuk membangun hanggar sendiri agar desa bisa belajar untuk mengelola sampah masyarakatnya sendiri. Selain itu dengan banyaknya jumlah Kepala Keluarga (KK) di Desa Lesmana yang selama ini berlangganan pengambilan sampah, ada potensi ekonomi didalam pengelolaan sampah.

"Agar baunya tidak mengganggu masyarakat, lokasi hanggar kami tempatkan di wilayah yang jauh dengan pemukiman warga. Satu kawasan dengan pabrik-pabrik di wilayah RT IV RW III," terang dia.

Disinggung mengenai anggaran pembuatan hanggar dari DD, untuk nominal tidak sampai Rp 300 juta. Meski demikian demi kehatian-hatian, pihaknya tetap berkonsultasi dengan banyak pihak agar tidak muncul permasalahan setelah hanggar dibangun.

"Untuk mesin setelahnya. Yang terpenting kami (Lesmana) bisa punya hanggar sendiri dulu," pungkas Muhyidin. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: