Pengadaan Lahan SMP N 3 Cilongok Baru Sampai Proses Pendataan Tanah Pengganti

Pengadaan Lahan SMP N 3 Cilongok Baru Sampai Proses Pendataan Tanah Pengganti

Dengan wilayahnya yang luas sampai 20 desa, Cilongok baru memiliki dua SMP Negeri sampai saat ini. Sehingga direncanakan pembangunan SMP N 3 Cilongok.-Dok Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Progres pengadaan lahan untuk pendirian unit sekolah baru SMP N 3 Cilongok, saat ini sudah sampai pada pendataan untuk tanah pengganti. Proses tersebut, ditargetkan bisa rampung pekan ini.

"SMP N 3 Cilongok lagi proses sedang medata untuk tanah oengganti. Setelah itu kita ajukan ke BPN untuk pengajuan peta bidang," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono melalui melalui Kasi Sarana Prasarana Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Fluid Meka Heriyanto.

Ia menambahkan, untuk proses pendataan tanah pengganti sangat bergantung pada kecepatan dari pemerintah desa.

"Karena kita menggunakan tanah bengkok desa. Kita tidak boleh jual beli dengan aset desa. Kita titipkan uang apresel ke kas desa, setelah itu keluar nilai apresel dan desa mencarikan tanah," paparnya.

BACA JUGA:Pengadaan Tanah Untuk SMP N 3 Cilongok Ditarget Rampung Tahun Depan

Lanjut, untuk pembangunan SMP N 3 Cilongok diperlukan lahan sekitar Kita butuh sekitar 6.000 sampai 7.500 meter persegi. Sedangkan untuk alokasi anggaran pembangunan fisik sekolah diperlukan Rp 25 sampai Rp 30 miliar.

"Anggarannya Rp 3,850 miliar untuk pengadaan lahan," ucapnya.

Terkait kapan akan dimulai pembangunan fisik sekolah ia sampaikan, akan sangat bergantung pada kemampuan keuangan pemerintah daerah. Pun dengan pentahapan pembangunan juga akan dibahas lebih lanjut.

"Kami bernota dinas pengajuan meminta anggaran agar tahun besok agar mulai fisik tahun depan, hanya tinggal keuangan pemerintah daerah seperti apa," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: