Mulai Tahun Ini Masa MPLS SD Lebih Panjang, Khusus Transisi PAUD ke SD

Mulai Tahun Ini Masa MPLS SD Lebih Panjang, Khusus Transisi PAUD ke SD

Ilustrasi MPLS di jenjang SD-Dok Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Mulai tahun ini masa Pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk tingkat SD, dilaksanakan hampir dua pekan dari 17 sampai 28 Juli. Hal tersebut sebagai salah satu upaya, penguatan transisi dari PAUD ke SD.

"Secara umum MPLS dilaksanakan selama tiga hari. Khusus SD kelas awal ada yang dinamakan penguatan transisi paud ke SD yang menyenangkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono melalui Kepala Seksi Kurikulum SD Muhamad Robani.

Ia menambahkan, selama MPLS tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh sekolah. Seperti memgenalkan lingkungan, merancang rencana pembelajaran, melakukan asesment awal pembelajaran.

BACA JUGA:Buka Hari Pertama MPLS Serentak, Bupati Banyumas: Jauhi Perundungan

"Selama ini di PAUD, sudah belajar dengan senang. Pada intinya anak-anak di PAUD itu belajar sambil bermain, bermain sambil belajar," paparnya.

Lanjut, sebelum ada kebijakan seperti ini ia sampaikan, ketika siswa masuk kelas satu ada semacam jarak karena di SD gambaran mereka itu serius.

"Ini agar anak lebih mengenal dan siap masuk ke lingkungan SD," tuturnya.

BACA JUGA:Dindikbud Purbalingga Tegaaskan Jangan Ada Perploncoan dan Aktifitas

Sebelum mengikuti pembelajaran SD menurutnya, diperlukan transisi dari PAUD ke SD.  Hal ini dilakukan karena secara emosional, perlu ada semacam penyesuaian dengan lingkungan yang baru.

"Sudah kita lakukan sosialisasi, ini semua lini terlibat dan kita libatkan PKK, bunda PAUD. Sehingga ada kesinambungan," ucapnya.

Lebih jauh, pihaknya berharap kebijakan tersebut bisa berlaku untuk tahun-tahun berikutnya. Karena memang sangat dibutuhkan, untuk membantu transisi dari PAUD ke SD. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: