Sempat Vakum Selama Pandemi, Festival Baturraden Bakal Kembali Digelar Tahun Ini

Sempat Vakum Selama Pandemi, Festival Baturraden Bakal Kembali Digelar Tahun Ini

Gelaran Festival Baturraden pada tahun 2019 lalu.-Dok Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Terakhir digelar 2019 lalu, festival baturraden bakal kembali diselenggarakan pada tahun ini. Rencananya, kegiatan tersebut bakal dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

Kepala Dinporabudpar Banyumas Setia Rahendra mengatakan rencananya festival Baturraden tepatnya akan dilaksanakan pada 10 Agustus.

"Konsepnya, akan ada beragam kegiatan didalamnya. Ada even pertunjukan baik yang modern maupun juga tradisional," tuturnya.

BACA JUGA:Meriah Gerebeg Sura Festival Baturraden

Termasuk, lanjut dia, Grebeg Sura Baturraden. Menurutnya, kegiatan ini akan menambah daya tarik tersendiri di Baturraden.

"Festival ini memang sudah vakum beberapa tahun. Terakhir digelar sebelum covid. Nanti peserta kirab grebeg sura dari perwakilan 12 desa di Kecamatan Baturraden," ujar dia.

Sebagai gambaran, pada grebeg sura 2019 lalu, berlangsung meriah. Festival tahunan berupa prosesi kirab gunungan dari hasil pertanian itu disaksikan ribuan pengunjung.

BACA JUGA:Begini Serunya Bule Belgia Mengaduk Semen Saat Ikuti Program Summer Camp di Karangsalam, Baturraden

Pengunjung memadati rute yang dilewati Grebeg Sura Baturraden yaitu dimulai dari Wana Wisata Baturraden menuju Lokawisata Baturraden.

Dalam festival ini ditampilkan berbagai macam kesenian seperti kenthongan, calung, ebeg dan lengger. Juga menampilkan produk produk UMKM.

Kirab diawali oleh barisan pembawa tombak Ki Bau Reksa dan Ki Singkir Kala. Setelah itu disusul barisan rontek, pembawa gunungan, serta pembawa jolen berisi tumpeng kuat, tumpeng robyong, dan tumpeng triwarna. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: