Hari Keempat Operasi Patuh Candi, 641 Pelanggar Terekam Kamera ETLE

Hari Keempat Operasi Patuh Candi, 641 Pelanggar Terekam Kamera ETLE

Kasatlantas Polresta Cilacap Kompol Nunung Farmadi kenakan helm kepada pengendara yang membawa anak- anak yang tidak mengenakan helm, Rabu 12 Juli 2023.-Julius Purnomo/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Memasuki hari keempat pelaksanaan Operasi Patuh Candi, Satlantas Polresta Cilacap mendapati 641 pelanggar tercapture ETLE.

Dari jumlah itu terdiri dari 475 pelanggar sepeda motor tidak menggunakan helm, 120 pelanggar lampu lalu lintas, 15 pelanggar sabuk pengaman, 31 pelanggar kendaraan.

"Sejak Senin kemarin kita mulai giat operasi patuh candi di jajaran Polda Jawa Tengah, kita mengedepankan tindakan humanis kepada para pengendara," kata Kasatlantas Polresta Cilacap, Kompol Nunung Farmadi, Kamis (13 Juli 2023).

BACA JUGA:Tiga Hari Dilaksanakan, Ratusan Pelanggar Terjaring Dalam Operasi Patuh Candi 2023 di Purbalingga

Meski mengedepankan penindakan secara ETLE , pihak Satlantas juga melakukan pengumuman melalui woro-woro serta spanduk kepada pengendara untuk menaati peraturan lalu lintas.

"Kita lakukan woro-woro di beberapa titik seperti terminal, serta beberapa simpang empat di wilayah perkotaan," lanjut Kasatlantas.

Meski banyak pelanggaran, Satlantas Polresta Cilacap justru memberikan cindera mata berupa helm, payung, jaket, dan bantalan kepala pengendara mobil yang taat berlalu lintas.

BACA JUGA:Hari Pertama Operasi Patuh Candi di Banyumas, 400 Kendaraan Terjaring Melanggar Lalu Lintas

"Hari Rabu kemarin kita di terminal, banyak pelanggar sebenarnya, tapi kita hanya berikan himbauan bahkan kita berikan cindera mata, anak-anak tidak pakai helm kita beri, hal itu merupakan sikap humanis dari Kepolisian," beber Kasatlantas.

Satlantas Polresta Cilacap menggelar operasi patuh Candi selama 14 hari terhitung sejak Senin 10 hingga 23 Juli 2023. Menyasar tujuh pelanggaran, untuk menurunkan angka fatalitas dalam kecelakaan.

"Sasaran utama nya yaitu balapan liar, tidak menggunakan helm, melanggar Apil, kendaraan tidak lengkap, kendaraan over dimensi, menggunakan ponsel saat berkendara dan pengendara dibawah umur," tambahnya.

BACA JUGA:Operasi Patuh Candi 2023 Dimulai 10 Juli, Ini Sasaran Penindakannya

Selain itu, operasi tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, karena angka kecelakaan serta fatalitasnya di Kabupaten Cilacap tergolong tinggi. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: