Dua Jemaah Haji Banyumas Disafariwukufkan

Dua Jemaah Haji Banyumas Disafariwukufkan

Jelang puncak ibadah haji, alokasi Air Zam-Zam kepada keluarga jemaah di Banyumas dari pemerintah mulai didistribusikan oleh Kasi PHU KanKemenag Banyumas, Drs H Purwanto Hendro Puspito kepada jemaah mandiri maupun melalui masing-masing KBIHU.-Yudha Iman Primadi/Radarmas-

PURWOKERTO - Senin ini (26/6), jemaah haji Indonesia termasuk Banyumas mulai bergerak menuju Arafah sebagai awal persiapan puncak haji yang dimulai Selasa (27/6).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Dr H Ibnu Asaddudin, SAg MPd melalui Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PHU), Drs H Purwanto Hendro Puspito mengatakan rangkaian puncak haji dimulai dengan wukuf di Arafah yang dilanjutkan perjalanan ke Muzdalifah dan bermalam di Mina.

Untuk jumlah jemaah haji Banyumas saat ini masih lengkap dan sebagian besar dalam keadaan sehat. Jelang wukuf, tidak ada jemaah yang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

"Dari laporan hanya dua jemaah yang harus di safari wukufkan," katanya pada Radarmas, Senin (26/6).

BACA JUGA: Jalankan Ibadah Haji, Bupati Sempatkan Kunjungi Jamaah Haji Asal Purbalingga

Petugas Kesehatan Haji Daerah Banyumas di kloter 74, dr Shila Suryani Suyitno menjelaskan perkembangan jemaah haji Banyumas kloter 74 persiapan wukuf Arafah.

Selama lebih dari satu Minggu berada di Arab Saudi, jemaah haji Banyumas karena perjalanan dan transisi cuaca mengalami beberapa masalah kesehatan kecil seperti batuk, pilek, konstipasi atau sembelit dan sebagainya merupakan hal yang biasa.

Namun sampai saat ini secara keseluruhan kondisi jemaah haji Banyumas relatif stabil dan terkendali. Beberapa jemaah yang sakit sudah pulih dan yang mengalami pilek dan batuk juga telah mendapatkan pengobatan.

"Insya Allah persiapan untuk puncak ibadah haji dengan wukuf di Arafah yang dilanjutkan perjalanan ke Muzdalifah dan bermalam di Mina (Armuzna) jemaah haji Banyumas siap untuk menjalankan," terang dia.

BACA JUGA: Tujuh Kloter Calon Haji Banyumas Tuntas Diberangkatkan

Pembimbing Ibadah Haji kloter 74, H Afifuddin Idrus, SAg MPdI menambakan jemaah haji Banyumas untuk mengikuti Armuzna khususnya kloter 74 sudah siap.

Ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan mulai dari rapat ketua regu dan ketua rombongan hingga bimbingan bagi jemaah sewaktu Armuzna.

Begitupun bimbingan terkait lempar jumroh dan tawaf ifadah. Dari jemaah juga banyak bertanya baik secara personal maupun individu.

"Insya Allah peribadahan jemaah haji Banyumas saat kegiatan Armuzna dapat berjalan dengan baik," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: