Pelaksanaan Sholat Idul Adha Dipusatkan di Alun-alun Cilacap

Pelaksanaan Sholat Idul Adha Dipusatkan di Alun-alun Cilacap

Ilustrasi kegiatan Sholat Ied di Alun-alun Cilacap saat Idul Fitri 2023 -Humas Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pelaksanaan sholat Idul Adha di Kabupaten Cilacap bakal dipusatkan di area Alun-Alun Cilacap, atau di sekitar Masjid Agung Cilacap. Pelaksanaannya pada Kamis (29/6).

"Pelaksanaan sholat Ied akan dilaksanakan di Alun-alun Cilacap atau kompleks Masjid Agung Cilacap. Ini sudah ditetapkan jatuh pada tanggal 29 Juni 2023," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Cilacap, Mukhlis Abdillah.

Mukhlis mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan jelang Idul Adha, termasuk kelayakan hewan kurban dan tata cara penyembelihan hewan kurban

Selain itu juga sudah melaksanakan rapat koordinasi Idul Adha, terkait tata cara dan proses penyembelihan dan hewan kurban. Diharapkan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban diselenggarakan baik, lancar, dan sehat. 

"Juru sembelih yang sudah terakreditasi sudah kami sebar di seluruh wilayah di Kabupaten Cilacap. Harapannya mereka yang sudah dilatih bisa berbagi ilmu kepada yang lain," katanya. 

Mukhlis pun mengharapkan, masyarakat yang nantinya akan melaksanakan kurban pada saat Idhul Adha, tidak menggunakan hewan betina yang masih produktif. Baik hewan kurban berupa kambing, domba, maupun sapi.

"Yang namanya pemotongan hewan kurban dilakukan di masyarakat selama ini kita perlu menyosialisasikan pemilihan, penenganan hewan kurban. Hingga kita bisa menghasilkan daging yang asuh, aman, sehat, utuh dan halal. Karena penanganan yang salah akan mengurangi kualitas," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: