Alat Gibrik Mini Banyumas Dilirik Kota Bandung

Alat Gibrik Mini Banyumas Dilirik Kota Bandung

Kunjungan pejabat Pemkot Bandung di TPST Kedungrandu, Kamis (22/6/2023).-HUMAS PEMKAB BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Plh Walikota Bandung Ema Sumarna melakukan kunjungan ke Banyumas, Kamis (22/6/2023). Dalam kunjungannya, Pemkot Bandung tertarik dengan Gibrik Mini yang dibuat oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein.

Gibrik Mini dinilai ampuh dalam mengatasi sampah di Kabupaten Banyumas. Alat pengolah sampah ini dilirik karena ekonomis, namun tetap canggih dalam mengatasi sampah. 

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna beserta rombongan kemudian melihat lebih dekat proses dan tata kerja dari Gibrik Mini. 

BACA JUGA:Pengakuan Pemilik Tanah Ditemukannya Tulang Bayi, Awalnya Ingin Dilempar dan Dibuang ke Sungai

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengatakan, mesin Gibrik Mini atau mesin pemilah sampah otomatis memiliki kapasitas 0,5 ton per jam. 

"Alat tersebut memiliki nilai investasi sekitar Rp 75 juta, dengan panjang 80 cm, lebar 55 cm," kata bupati. 

Bupati menambahkan, alat minimalis tersebut memiliki efisiensi pemilahan serta tidak membutuhkan lahan yang luas. Alat ini juga dapat meningkatan kualitas daur ulang. 

BACA JUGA:Ular Sanca Sepanjang 3 Meter Dievakuasi Damkar dari Toilet Sekolah

"Selain itu juga mampu mengurangi dampak lingkungan pada proses pengangkutan, pemanfaatan sampah tingkat lokal dan pemberdayaan ekonomi lokal melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)," tuturnya. 

Sementara itu, Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengungkapkan ketertarikannya dengan alat tersebut. Menurutnya, alat tersebut jika diterapkan di beberapa TPS di Kota Bandung, pengelolaan sampah semakin baik.

"Meskipun saat ini masih menggunakan konvensional, sampah dibuang ke TPA, tetapi Pemkot Bandung terus berupaya agar pengelolaan sampah lebih optimal dan selesai di sumbernya," tandasnya. (mhd) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: