Bupati Purbalingga Minta PMI Tingkatkan Kualitas Pelayanan Klinik

Bupati Purbalingga Minta PMI Tingkatkan Kualitas Pelayanan Klinik

Kegiatan Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Purbalingga di Graha Adiguna, akhir pekan lalu. (HUMAS UNTUK RADARMAS)--

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga diminta meningkatkan kualitas pelayanan pada unit usaha yang dimiliki. Terutama, pada unit usaha yang dimiliki, yakni klinik dan Unit Donor Darah (UDD).

Hal itu, diungkapkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi kegiatan Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Purbalingga di Graha Adiguna, akhir pekan lalu.

Bupati mengungkapkan, PMI juga unit usaha seperti BLUD sehingga, harus business oriented atau berorientasi bisnis. "Tidak sekadar melayani, namun juga harus putar otak bagimana caranya agar menguntungkan," ungkapnya.

Sehingga, untuk klinik PMI di Jalan Letkol Isdiman Purbalingga ke depan harus dilengkapi mutu kualitas yang lebih baik. Sebab, harus berkompetisi dengan fasilitas kesehatan (faskes) lain di Kabupaten Purbalingga.

"Meskipun Klinik PMI Purbalingga sudah melayani pasien BPJS Kesehatan. Namun PMI juga jangan sampai lalai dan harus selalu bisa menyesuaikan terhadap ketatnya aturan dan rekomendasi BPJS. Sehingga tidak diputus kerjasamanya oleh BPJS Kesehatan," imbuhnya.

BACA JUGA:Pemkab Purbalingga Fokus Hapus KDRT dan Kekerasan Terhadap Anak

BACA JUGA:Selasa Depan, DPT Pemilu 2024 Ditetapkan, Berpotensi Muncul Pemilih Tambahan

Bupati mmeinta kepada PMI Kabupaten Purbalingga, untuk memperhatikan kompetensi SDM di klinik. Yakni, baik di sisi dokternya, perawatnya dan sebagainya, termasuk akreditasinya.

Selain aspek unit usaha PMI, Bupati juga menginginkan PMI selalu mengedepankan responsiveness terhadap kejadian sosial kemanusiaan untuk memberikan bantuan.

PMI diminta menjadi yang terdepan dan pertama memberikan bantuan pada setiap kejadian-kejadian sosial kemanusiaan maupun kebencanaan. Relawan-relawan juga harus ada peningkatan SDM melalui pelatihan-pelatihan.

"Jangan sampai kepercayaan masyarakat terhadap PMI menurun yang bisa berakibat pada menurunnya perolehan Bulan Dana PMI," tambahnya.

Sebagai mitra kerja pemerintah, PMI diminta juga harus menyesuaikan dengan program kerja pemerintah. Terutama dalam hal membantu penanggulangan kemiskinan ekstrem dan stunting. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: