Jelang Idhul Adha, Dispertan Intensifkan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak

Jelang Idhul Adha, Dispertan Intensifkan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak

Petugas kesehatan hewan ternak melakukan pemeriksan kesehatan mulut serta gigi, Jumat 16 Juni 2023-Julius Purnomo/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Menjelang Hari Raya idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Cilacap mulai lakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak.

Pemeriksaan tersebut menyasar kepada para pedagang atau pengepul hewan ternak yang berada di wilayah Kabupaten Cilacap.

"Kita lakukan pemeriksaan hewan ternak untuk pastikan kesehatannya, serta berikan keyakinan kepada masyarakat yang hendak berkurban," kata Kepala Dispertan Cilacap, Susilan, Jumat 16 Juni 2023.

BACA JUGA:Petani Cilacap Didorong Gunakan Pupuk Biosaka

Menurut Susilan, adannya penyakit mulut dan kuku serta penyakit LSD, membuat warga masyarakat khawatir untuk berkurban dan memakan hewan kurban. Padahal kedua penyakit tersebut tidak menular terhadap manusia.

"Maka dari itu, kami sejak awal mengupayakan vaksinasi untuk kedua penyakit tersebut, sehingga saat ini PMK sudah landai, sedangkan LSD masih kita upayakan," tegasnya.

Untuk pemeriksaan tersebut, Dispertan menggandeng BB Vets untuk melakukan pemeriksaan lebih dalam dengan pengambilan sampel darah pada hewan ternak.

BACA JUGA:1.600 Dosis Vaksin LSD Diterima Pemkab Cilacap untuk Hewan Ternak Sapi, Ini Penyebab Virus LSD

Sedangkan terkait ketersediaan obat serta vaksin, stok mencukupi.

"Dari hasil pemeriksaan tersebut, dapat dinyatakan keseluruhan hewan ternak dalam kondisi sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban," imbuh Susilan.

Sementara itu Abdullah Azzam, salah satu pengusaha tenak sapi mengaku sangat terbantu dengan pemeriksaan tersebut. Hal itu tentunya akan menambah kepercayaan masyarakat untuk melakukan ibadah kurban.

BACA JUGA:Temuan Tulang Belulang di Tanjung Purwokerto, Kapolsek : Tunggu Hasil Pemeriksaan

"Alhamdulillah, ternak kita sehat semua, saya berterimakasih kepada Dinas terkait sudah memeriksa ternak kami, kita akan usahakan ternak kami dalam keadaan sehat sebelum dilepas ke masyarakat," tuturnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: