Pembangunan Terminal Tipe C Sokaraja Banyumas Terkendala Anggaran

Pembangunan Terminal Tipe C Sokaraja Banyumas Terkendala Anggaran

Pedagang bambu berjualan di sekitar lahan milik Pemkab Banyumas di sebelah selatan Pasar Sokaraja, Selasa (13/6/2023). Di lokasi tersebut direncanakan akan dibangun terminal Tipe C.-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas terus berupaya merealisasikan pembangunan terminal tipe C Sokaraja, dengan mengusulkan anggaran. Baik ke pemerintah pusat maupun provinsi. Keterbatasan anggaran menjadi salah satu kendala terminal tipe C Sokaraja masih belum dibangun. 

"Kita tetap ajukan terus lewat bangub dan APBD. Tapi hasilnya belum ada yang muncul sampai sekarang," kata Kasi Terminal Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Aris Setiawan.

Ia menambahkan, pihaknya mengusulkan anggaran senilai Rp 3,5 miliar untuk pembangunan terminal di Sokaraja. Lokasinya nanti akan berada di Selatan Pasar Sokaraja. 

BACA JUGA:Relaksasi Covid-19, Masyarakat Banyumas Diperbolehkan Tidak Menggunakan Masker

"Lokasinya sudah muncul di rencana detail tata ruang," ujarnya. 

Menurutnya, pembangunan terminal tipe C Sokaraja merupakan kebutuhan mendesak. Salah satu pertimbangannya, untuk menampung angkutan-angkutan umum yang selama ini kerap berhenti di pinggir jalan. 

"Menurut kami mendesak dan segara dibangun. Apalagi jika musim libur dan lebaran, volume kendaraan disana sangat padat," terangnya. 

Lebih lanjut dikatakan, rencana pembangunan terminal tipe C Sokaraja sudah mengemuka sejak lama, yaitu sejak 2014. Bahkan di tahun itu sudah dibuat detail engineering design. 

"Tahun 2019 saya revisi DED, karena harga satuan barang sudah tidak sesuai. Dari Rp 2,5 miliar berubah Rp 3,5 miliar," katanya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: