Abrasi di Sepanjang Pesisir Cilacap Makin Parah, Dibuat Inovasi Tanggul Bronjong Serabut Kelapa

Abrasi di Sepanjang Pesisir Cilacap Makin Parah, Dibuat Inovasi Tanggul Bronjong Serabut Kelapa

Erna menunjukan tanggul yang terkena abrasi di Tegalkamulyan Cilacap Selatan -BPBD Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Abrasi yang terjadi di sejumlah titik sepanjang pesisir di Kabupaten Cilacap semakin parah. Seperti yang terjadi di Pantai Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan, dan pantai di wilayah Cilacap Timur.  

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Erna Suharyati mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah untuk mencegah dan menanggulangi abrasi. Kendati demikian, bencana alam tersebut tidak dapat dihindari. 

"Untuk di wilayah Tegalkamulyan memang sudah dilakukan kerja bakti bersama dengan warga untuk menahan abrasi. Kita membuat tanggul yang dari karung, kemudian diisi dengan pasir ternyata yang namanya bencana alam, kita tidak bisa memprediksi dan penanganan sudah dilakukan," kata dia. 

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno Berkunjung ke Kampung Nopia,

Erna menyampaikan, meski sudah dilakukan penanganan, dan jika terjadi gelombang tinggi, tanggul penyangga di lokasi tersebut tetap akan jebol. Pihaknya pun membuat inovasi dengan bronjong serabut kelapa. 

"Sudah dipasang oleh kita itu di Tegalkamulyan, sudah terbukti dan inovasi-inovasi itu tetap kita lakukan kita masih punya stok yang rencananya akan kami lakukan kerja bakti di kemudian hari. Ada 200 lembar bronjong serabut kelapa," ujarnya. 

Erna menambahkan, pihaknya pun berkoordinasi dengan Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA), akan membuat tanggul seperti cakar ayam di sepanjang Pantai Teluk Penyu hingga PLTU Karangkandri. 

BACA JUGA:Tiga Dusun di Kawunganten Krisis Air Bersih

"Nah itu dananya dari pusat dari APBN, informasinya seperti itu sehingga untuk bronjong serabut kelapa kita kalikan ke wilayah timur rencananya di sekitar Pantai Sedayu Binangun," jelas Erna. 

Erna menambahkan, pihaknya pun sudah koordinasi dengan tim orange bersama dengan warga sekitar. Yang nantinya akan dilakukan penanganan dengan tujuan untuk keselamatan warga di sekitar.

BACA JUGA:Putri Ariani, Peraih Golden Buzzer AGT Tampil di Purwokerto

"Nantinya untuk wilayah sepanjang pantai Tegalkamulyan kalau memang dinilai mendesak, akan dilakukan pembuatan tanggul darurat sembari menunggu bantuan dana dari pusat untuk pembangunan tanggul cakar ayam," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: