Cacing Hati Pada Hewan Kurban Masih Berpotensi, Ini Langkah Dinpertan Purbalingga

Cacing Hati Pada Hewan Kurban Masih Berpotensi, Ini Langkah Dinpertan Purbalingga

Petugas dari dinas saat menyemprotkan cairan pencegah penyakit pada hewan ternak. (Dok Dinpertan untuk Radarmas)--

PURBALINGGA,RADAR BANYUMAS - Hasil evaluasi Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga saat Idul Kurban setiap tahun, yaitu temuan cacing hati pada hewan ternak.  

Kepala Dinpertan Kabupaten Purbalingga,.Mukodam menjelaskan, melihat tahun 2022 lalu, dari 3.149 ekor sapi ditemukan kasus cacing hati 196 ekor sapi tersebar di 18 kecamatan.

Lalu temuan di kambing, dari 6.179 ekor, ada 53 temuan cacing hati. Prosentasenya cukup kecil dan bisa dilakukan sejak awal. Termasuk oleh dinas yang dipimpinnya.

Upaya yang dilakukan diantaranya melalui para dokter hewan dan medic veteriner meningkatkan intensitas layanan pengobatan ternak ke kandang peternak maupun ke pasar hewan di Purbalingga secara gratis.

"Kami juga memberi obat cacing, vitamin dan obat obatan penambah stamina / imun ternak, memonitor sanitasi / kebersihan kandang, kualitas pakan yang diberikan," jelasnya, Selasa 6 Juni 2023 sore.

Tak hanya itu, pada saatnya hari raya Kurban, para dokter hewan, medic vetetiner dan PPL dinas melakukan pemeriksaan hewan Kurban sebelum dan setelah disembelih (jeroan dan daging,red).

"Pemeriksaan pra dan paska penyembelihan bertujuan agar jeroan dan daging Kurban aman dikonsumsi. Yaitu bebas cacing hati, dan penyakit hewan lainya yang berbahaya bagi manusia," rincinya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: