Jumlah Hewan Kurban di Banyumas Menurun

Jumlah Hewan Kurban di Banyumas Menurun

Penjualan kambing di Pasar Cilongok tidak seramai tahun sebelumnya. Data Kantor Kemenag Banyumas, untuk hewan kurban yaitu kambing tahun ini ada penurunan sampai ribuan ekor.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Data Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas ada penurunan jumlah hewan kurban baik sapi maupun kambing pada Idul Adha tahun 1445H/2024M.

Penyuluh Agama Islam Kecamatan Purwokerto Barat, Lubab Habiburrohman, SH MH dalam laporan pelaksanaan Salat Idul Adha 1445H/2024M tingkat Kabupaten Banyumas mengatakan jumlah tempat Salat Idul Adha seKabupaten Banyumas untuk masjid ada sebanyak 1.525 tempat, halaman mushola 322 titik dan tempat lainnya di 175 lokasi. Selanjutnya untuk tempat penyembelihan hewan atau Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sejumlah 89 tempat, halaman masjid 974 titik dan halaman mushola 191 lokasi serta tempat lainnya di 307 lokasi.

"Untuk jumlah hewan kurban, sapi sebanyak 3.570 ekor dan kambing 5.275 ekor," katanya.

BACA JUGA:Hati Terinfeksi Cacing, Daging Tetap Aman Dikonsumsi

Lubab menjelaskan dari 8.845 ekor hewan kurban tersebut, yang diserahkan simbolis oleh Pj Bupati Banyumas pada masyarakat seusai pelaksanaan Salat Idul Adha 1145H/2024M Tingkat Kabupaten Banyumas sebanyak lima ekor sapi dan 20 ekor kambing.

Ke-25 hewan kurban tersebut berasal dari Perumda Tirta Satria Banyumas sapi satu ekor, Al-Irsyad Al-Islamiyyah sapi dua ekor dan kambing lima ekor, Baznas Banyumas sapi satu ekor dan kambing 10 ekor, BPR BKK Perseroda Purwokerto kambing lima ekor dan Bank Jateng Cabang Purwokerto satu ekor sapi.

BACA JUGA:Berbeda dengan Pemerintah, Aboge di Desa Onje Baru Rayakan Idul Adha Hari Rabu

Kepala Kantor Kemenag Banyumas, Dr. H Ibnu Asaddudin, MPd mengatakan data lokasi pelaksanaan Salat Idul Adha 1445H/2024M dilengkapi dengan nama petugas imam dan khatib serta jumlah hewan kurban.

Data diperoleh dari laporan 27 Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) seBanyumas yang ditarik pada Jumat (14/6) oleh operator Seksi Bina Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama Banyumas.

Bila dibandingkan data tahun 2023 dengan jumlah hewan kurban untuk sapi sebanyak 5.464 ekor dan kambing 8.536 ekor, maka terjadi penurunan untuk tahun ini.

BACA JUGA:Pj Bupati Banyumas Serahkan Lima Sapi dan Lima Belas Kambing Kurban di Alun-alun Purwokerto

"Rekap data terakhir Jumat (14/6) sore pukul 16.03 WIB," katanya.

Ibnu menambahkan untuk peningkatan kualitas penyediaan daging kurban yang halal, sebanyak 28 Juru Sembelih Halal (Juleha) di Kabupaten Banyumas pada Sabtu (15/6) juga telah dibekali pelatihan sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan pemateri dari Walisongo Halal Center UIN Walisongo, Semarang.

Tata cara penyembelihan hewan sesuai dengan syariat Islam, prinsip kesejahteraan hewan, teknik penyembelihan yang higienis sampai prosedur administrasi yang harus dipenuhi guna mendapatkan sertifikasi Juleha berSKKNI semua diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: