BPBD Purbalingga Libatkan Penyandang Disabilitas Penanggulangan Bencana

BPBD Purbalingga Libatkan Penyandang Disabilitas Penanggulangan Bencana

Kepala BPBD Kabupaten Purbalingga Priyo Satmoko.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga membentuk Unit Layanan Inklusif Disabilitas Penanggulangan Bencana (LIDI-PB). 

Kepala BPBD Kabupaten Purbalingga Priyo Satmoko mengatakan, pembentukan unit tersebut dalam rangka melibatkan penyandang disabilitas untuk penanggulangan bencana. 

“LIDI-PB merupakan inisiatif yang muncul dari semangat tinggi dan keinginan para penyandang disabilitas di Kabupaten Purbalingga. Yakni. untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam penanganan bencana,” katanya.

Pembentukan LIDI-PB menurutnya, adalah dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap penyandang disabilitas. Terutama dalam penanggulangan bencana.

BACA JUGA:Nilai Verifikasi Administrasi KLA Naik, Kabupaten Purbalingga Berpeluang Jadi Kategori Madya

Dia menjelaskan, LIDI-PB bertujuan untuk memberikan fasilitas dan pelatihan kepada penyandang disabilitas agar dapat mandiri dalam menghadapi situasi darurat.

"Harapannya dengan adanya LIDI-PB, para penyandang disabilitas dapat lebih mandiri dalam menghadapi bencana. Serta, ikut berkontribusi dalam upaya penanggulangan bencana," jelasnya.

Dia menyebutkan, keberadaan LIDI-PB sangat penting untuk menangani penyandang disabilitas, yang terdampak bencana.

Ditambahkan olehnya, pembentukan LIDI-PB dilakjkan oleh BPBD Purbalingga bekerjasama dengan BPBD Provinsi Jawa Tengah.

"Saat ini LIDI-PB Kabupaten Purbalingga memiliki 40 orang anggota," lanjutnya.

Diungkapkan olehnya, ke depan BPBD Kabupaten Purbalingga akan memeberikan fasilitasi dan pelatihan kepada para penyandang disabilitas dalam LIDI-PB.

"Ke depannya akan diadakan pelatihan di forum sendiri. Nanti kita fasilitasi sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasan mereka,” ujarnya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: