Mesin Genset Panas, Toko Modern di Gandrungmangu Nyaris Terbakar

Mesin Genset Panas, Toko Modern di Gandrungmangu Nyaris Terbakar

Petugas Damkar saat melakukan pendataan lokasi kebakaran akibat mesin genset, Rabu 24 Mei 2023.-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebuah toko modern yang berada di wilayah simpang tiga desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu nyaris terbakar akibat mesin genset yang terlalu panas hingga membakar kardus diatasnya.

Kejadian itu berawal dari pemadaman listrik oleh PLN di wilayah tersebut hingga salah satu karyawan menyalakan mesin genset yang biasa digunakan ketika listrik padam.

"Dari keterangan saksi mata, asap terlihat dari samping ruangan di sebelah toko tempat penyimpanan genset serta galon, kemudian saksi memberitahu salah seorang karyawan," kata Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi, Kamis 25 Mei 2023.

Api tampak sudah membakar tumpukan kardus bekas bahkan hampir saja membakar panel listrik yang lokasinya tepat diatas genset, beruntung salah seorang karyawan berhasil memadamkan api menggunakan APAR yang tersedia di dalam toko.

"Karena api sudah padam, petugas Damkar kemudian melakukan pendataan, hasilnya penyebab api adalah mesin genset mengalami over heat  atau panas hingga membakar kardus yang tertumpuk di sekitar mesin, kerugian sekitar Rp 6.000.000,00," lanjutnya.

Selanjutnya, dilakukan sosialisasi aplikasi Satkartaru SIAP dan membagikan nomor pos Damkar, Supriyadi menghimbau kepada masyarakat untuk melapor jika terjadi peristiwa kebakaran atau untuk melakukan evakuasi terhadap hewan liar.

"Selain tugas utama menangani kebakaran, petugas Damkar juga dibekali kemampuan untuk melakukan evakuasi terhadap hewan - hewan liar, akhir - akhir ini kita mendapatkan laporan untuk itu," beber Supriyadi.

Atas kejadian itu, Supriyadi meminta para pengusaha toko- toko modern atau toko besar lainnya untuk menyediakan perlengkapan pemadam kebakaran untuk atisipasi awal, karena jika terjadi kebakaran sangat berpotensi menimbulkan kerugian yang besar.

"Kemarin kita sudah mulai sidak gedung- gedung terkait alat pemadam kebakaran, kedepan kita akan masiv melakukan hal itu untuk pencegahan awal," pungkasnya.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: