Membahayakan, Seekor Monyet Peliharaan di Nusawungu Dievakuasi Petugas Damkar

Membahayakan, Seekor Monyet Peliharaan di Nusawungu  Dievakuasi Petugas Damkar

Evakuasi seekor monyet di Nusawungu Cilacap-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Keberadaan seekor monyet peliharaan yang berbahaya dilaporkan oleh Ari Pranoto (53) seorang pengusaha travel asal desa Karangtawang Kecamatan Nusawungu. Pasalnya monyet tersebut tampak selalu ingin menyerang warga sekitar pada Senin 15 Mei 2023 pukul 11.00.

Menanggapi laporan tersebut, pertugas Pos Damkar Kroya segera mengirimkan 3 orang petugas dengan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap untuk melakukan observasi dan tindakan pengamanan.

"Dari keterangan pelapor, monyet tersebut sering menganggu masyarakat dan khawatir jika menyerang," kata Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi, Senin 15 Mei 2023.

Sampai di lokasi, petugas melakukan observasi terlebih dahulu,sebelum melakukan penanganan, terlebih monyet tersebut tampak selalu ingin menyerang.

"Jika tergigit sangat berbahaya karena dapat menularkan virus rabies serta virus- virus lain jadi kita sangat berhati - hati sebelum melakukan penanganan," lanjutnya.

Setelah observasi, petugas segera melakukan proses penangkapan, 20 menit kemudian monyet tersebut berhasil diamankan dan di serahkan ke BKSDA untuk dilepas liarkan kembali ke habitatnya.

"Kemungkinan monyet tersebut mengalami stres karena terlalu lama diikat dalam tali kekang, tapi sudah berhasil diamankan oleh petugas kami," tuturnya.

Petugas Damkar kemudian mensosialisasikan aplikasi Satkartaru SIAP serta membagikan nomor pos Damkar, selain itu pihaknya meminta kepada masyarakat agar tidak segan melapor ke UPT Damkar.

"Akhir - akhir ini kita banyak mendapatkan laporan mengenai keberadaan hewan liar, maka kita minta masyarakat agar tidak segan untuk melapor dan jangan melakukan penanganan secara mandiri karena sangat berbahaya," pungkas Supriyadi.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: