Kurang Dua Hari, Baru Empat Parpol Daftarkan Bacaleg, Hari Ini Dijadwalkan Dua Parpol

Kurang Dua Hari, Baru Empat Parpol Daftarkan Bacaleg, Hari Ini Dijadwalkan Dua Parpol

Penuh : Suasana saat PDIP mendaftarkan Bacaleg ke KPU, Kamis 11 Mei 2023 sore.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Sejak dibuka pendaftaran awal Mei lalu, baru 4 partai politik (parpol) mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Purbalingga ke KPU Kabupaten Purbalingga. Sedangkan penutupan pendaftaran pada 14 Mei 2023 atau kurang lebih dua hari lagi.

Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Eko Setiawan ST, Jumat 11 Mei 2023 menjelaskan, empat parpol sudah mendaftar Bacaleg itu masing- masing Partai Umat, PKS, Partai Nasdem, PDI Perjuangan. Hari ini dijadwalkan Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat.

"Syarat mutlak berkas diantaranya ada tandatangan asli (cap basah) Ketua Parpol dan Sekretaris. Lalu di sistem online SiPol juga harus ada," tegas Eko.

Sedangkan Kamis 11 Mei 2023 sore kemarin, PDIP telah mendaftarkan bakal calegnya ke KPU Purbalingga. Rombongan dari kantor DPC diiringi oleh seribu simpatisan lebih konvoi dengan motor dan mobil, sedangkan caleg naik becak. 

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM sekaligus Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Ekonomi DPC PDIP Purbalingga ikut mengantar bacaleg.

Ketua DPC PDIP Purbalingga Bambang Irawan SH mengatakan, pihaknya mendaftarkan 50 bakal caleg memenuhi semua kuota di lima dapil. Dari hasil analisa mendalam dan kerja keras semua caleg, pihaknya menargetkan meraih 23 kursi.

Pada hari yang sama, Partai Nasdem juga mendaftarkan 50 bakal caleg DPRD Purbalingga. Ketua DPD Partai Nasdem Purbalingga, Ali Mansur mengatakan, partainya optimistis dapat menambah wakilnya yang duduk di kursi parlemen dari satu orang menjadi empat. 

"Dinamika di kepengurusan kami sudah diatasi dan partai kami bisa mendaftarkan Bacaleg ke KPU dan tidak ada masalah," tegasnya.

KPU Purbalingga menerapkan pengaturan dan pengamanan dengan wajar. Yaitu sekuriti KPU, polisi dan petugas KPU yang mengatur dan menunjukkan lokasi Aula KPU untuk pendaftaran. (amr)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: