Pergerakan Tanah di Wanareja Kembali Meluas

Pergerakan Tanah di Wanareja Kembali Meluas

Seorang warga melintas di rumah yang mengalami pergerakan tanah-ARIEF UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Bencana tanah bergerak di Desa Bantar  Kecamatan Wanareja kembali meluas. Hingga saat ini, total ada 15 rumah yang mengalami tanah bergerak, Selasa 9 Mei 2023. 

Analis Bencana Ahli Muda BPBD Cilacap, Gatot Arief Widodo mengatakan, sebelumnya ada sembilan rumah yang terdampak tanah bergerak, namun pada Senin 8 Mei 2023 siang enam rumah kembali mengalami pergerakan tanah. 

"Lokasinya di Dusun Babakan RT 4 RW 4. Saat ini ada 13 KK yang mengungsi. Ada yang mengungsi di rumah saudara, tetangga dan musholla setempat. Kemarin dari Dinas Sosial Cilacap juga sudah memberikan bantuan logistik," kata Arief. 

BACA JUGA:Website Penghasil Saldo DANA GRATIS, Cuan Rp250 Ribu Tiap Hari, ASYIK BANGET!

Arief mengatakan, warga yang mengungsi tersebut, kondisi rumahnya saat ini sudah tidak layak ditempati. Pasalnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan cukup parah, seperti kondisi rumah yang bergeser, dinding jebol, atap ambruk dan lainnya. 

"Kondisi ini tentunya sangat membahayakan keselamatan warga. Karena jika sewaktu-waktu terjadi hujan masih berpotensi terjadi lagi pegerakan tanah. Meskipun saat ini belum ada penambahan akselerasi bidang longsor tapi perlu diwaspadai karena masih bisa meluas," ujarnya. 

Untuk itu, pihaknya pun menghimbau kepada warga jika terjadi hujan intensitas tinggi pada malam hari, bisa langsung mengungsi ke mushola Darrul Ikhsan 2. 

BACA JUGA:Baca Berita Dapat Saldo Dana Gratis, Ikuti Cara Ini

Sedangkan saat ini, penanganan jalan yang amblas di Jalur Cilongkrang Wanareja Sabtu 6 Mei 2023 lalu, kini sudah selesai. Dikatakan Arief, penanganan tersebut dilakukan oleh PUPR Provinsi Jawa Tengah.

"Jalur tersebut saat ini sudah selesai penanganan, untuk kendaraan roda empat pun sudah bisa melintas," ujarnya. 

Arief menambahkan, wilayah Kabupaten Cilacap khususnya wilayah barat memiliki  potensi bencana tanah bergerak, longsor hingga banjir. Sejumlah lokasi di wilayah tersebut pun sering dikaji oleh Badan Geologi Bandung. 

BACA JUGA:Trik Dapat Saldo DANA Gratis Terbaru 2023, Bisa Langsung Cair

Pihaknya pun akan kembali meminta Badan Geologi Bandung untuk melakukan kajian di lokasi pergerakan tanah tersebut. "Tim Geologi akan kita minta untuk melakukan pemeriksaan tanah bergerak disana," kata Arief. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: