1.049 Calon Haji Banyumas Sudah Lunasi BPIH

1.049 Calon Haji Banyumas Sudah Lunasi BPIH

Sebanyak 1.094 Calon Haji asal Banyumas sudah melunasi BPIH, dan sisanya 148 Calon Haji Banyumas belum melunasi-yudha Iman Primadi/Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sampai Kamis (4/5), data yang tercatat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, sebanyak 1.049 calon haji Banyumas sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, H Ibnu Asaduddin, SAg, MPd melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Drs H Purwanto Hendro Puspito mengatakan, untuk pelunasan BPIH masih ada waktu sampai Jumat (5/5). Data sampai Kamis (4/5) siang masih tersisa 148 jemaah calon haji porsi aman yang belum melunasi.

"Kita tunggu sampai besok (Jumat)," katanya saat ditemui Radarmas, Kamis (4/5).

BACA JUGA:Hardianti Triana Driver Perempuan Pertama Trans Banyumas, Dikira Nyogok, Saat Ujian Praktik Nilai Tertinggi

54 Calon Haji Banyumas Menunda Keberangkatan 

Hendro menjelaskan, data per 3 Mei 2023, dari 1.272 jemaah calon haji berhak lunas, sebanyak 1.049 jemaah sudah melunasi BPIH, yang terdiri dari 966 jemaah masuk porsi aman dan 83 jemaah masuk porsi cadangan. Di luar jumlah itu, yang belum melunasi tunda atau batal.

"Batal yang benar-benar fix satu orang karena wafat, yang menunda 54 orang," terangnya.

Adapun penyebab banyaknya jumlah jemaah yang menunda haji dari beberapa faktor. Pertama sisi kesehatan. Dan kedua tidak ada pendampingan lansia tahun ini sampai pertimbangan ekonomi. Untuk satu jemaah asal Kemranjen yang meninggal dan hajinya dibatalkan, maka biaya yang sudah disetorkan ke negara semua dikembalikan pada ahli waris.

BACA JUGA:Tunggu Anggaran Rehab Fisik, Rumah Singgah Pemkab Masih

"Informasinya Kamis ini ada lagi satu pembatalan. Tapi berkasnya belum lengkap," pungkas Hendro. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: