1.331 Peserta Didik Kesetaraan PKB dan SKB di Banyumas Bakal Ikut Uji Kesetaraan

1.331 Peserta Didik Kesetaraan PKB dan SKB di Banyumas Bakal Ikut Uji Kesetaraan

Berjalannya pelatihan keterampilan desain home decoration oleh Dosen Amikom, Rujianto Eko Saputro, MKom, PhD dengan peserta 20 siswa paket C PKBM Budi Utama, Kembaran pada Minggu (5/6). (Rujianto untuk Radarmas)--

PURWOKERTO  - Sebanyak 1.331 peserta didik dari PKBM dan SKB bakal mengikuti uji kesetaraan. Uji kesetaraan tersebut baru pertama kali dilaksanakan tahun ini. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono melalui Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat dan Kursus Werdiningsih mengatakan, uji kesetaraan diselengarakan oleh pemerintah pusat. Sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait uji kesetaraan.

"Dimana uji kesetaraan sebagai barometer penilaian bagi anak di akhir jenjang. Dimana yang mengikuti uji kesetaraan dan lulus berhak melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Kalau yang tidak lulus hanya akan mendapatkan surat keterangan telah mengikuti uji kesetaraan," kata dia. 

BACA JUGA:Tuah Rumah Popda eks Karesidenan Banyumas, Purbalingga Gelar Sembilan Cabor

Ia menambahkan, untuk peserta uji kesetaraan diharapkan bisa lulus semua. Karena selain bisa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, juga bisa menjadi bekal persyaratan untuk bekerja apabila tidak melanjutkan ke jenjang berikutnya. 

"Sudah dilakukan sosialisasi. Karena ini pertama kali ada sedikit kendala data data dari siswa. Misal berdasarkan dapodik ada 10, tapi yang muncul dapat surat hanya 9. Tapi kita sedang tangani," ujarnya. 

Peserta uji kesetaraan tahun ini terdiri dari siswa siswa-siswi Paket A sebanyak 56, Paket B 386 peserta dan Paket C 889 peserta. 

"Pelaksanaan uji kesetaraan paket C 13 - 14 Mei. Paket A dan B 20 dan 21 Mei," ujarnya. 

Lanjut, pihaknya mendorong agar semua peserta didik di SKB dan PKBM bisa mengikuti uji kesetaraan tersebut dengan baik. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: