Angkutan Lebaran Ditutup, Daop 5 Catat Ada 14 Ribu Penumpang Perhari

Angkutan Lebaran Ditutup, Daop 5 Catat Ada 14 Ribu Penumpang Perhari

PEMUDIK - Pemudik yang menggunakan moda Kereta Api berjalan menuju pintu keluar Stasiun Purwokerto, minggu siang (16/4/2023). Pemudik dari kota-kota besar di Jawa mulai berdatangan melalui stasiun Kereta Api Purwokerto, untuk hari minggu 16 April (H-6) Le-dimas prabowo-

PURWOKERTO - KAI menutup angkutan lebaran, Selasa (2/5). Secara resmi, penutupan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo. Selama angkutan lebaran tersebut, Daop 5 Purwokerto catat ada lebih dari 14 ribu penumpang per hari. 

Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan di Daop 5 Purwokerto, total penumpang dari 12 April hingga 2 Mei sebanyak 306.320 pelanggan.

"Rata-rata perhari sebanyak 14.587 penumpang," kata dia. 

BACA JUGA:Pengamen dan Manusia Silver Masih Kerap Muncul di Perempatan, Satpol PP : Kalau Razia Pasti Kucing-Kucingan

Dengan jumlah tersebut, prosentase tercapai sebesar 126 persen dari program angkutan Lebaran 2023 yaitu sebanyak 258.319 pelanggan.

Dia menambahkan, puncak arus balik di Daop 5 Purwokerto terjadi pada hari Selasa (25/4) dengan jumlah penumpang naik sebanyak 25.777 penumpang. 

"Sedangkan untuk puncak arus mudik pada H-1 Lebaran yaitu Jumat (21/4) dengan total penumpang turun sebanyak 23.960 penumpang," ujar dia. 

BACA JUGA:Kepala Kemenag Banyumas Digantikan Ibnu Asaddudin

Daop 5 Purwokerto mencatat, ada tiga KA keberangkatan dari Daop 5 Purwokerto yang memiliki volume penumpang tertinggi. Ketiga kereta tersebut yaitu KA Kutojaya Selatan relasi dari Stasiun Kutoarjo-Kiaracondong sebanyak 11.704 penumpang. 

"Kemudian juga KA Sawunggalih relasi dari Stasiun Kutoarjo - Pasarsenen dengan total 11.322 penumpang. Yang ketiga, KA Serayu relasi dari Stasiun Purwokerto - Kiaracondong - Pasarsenen sebanyak 10.960 penumang," tuturnya.

Sedangkan untuk tujuan favorit penumpang adalah Stasiun Pasarsenen dengan total penumpang 56.074. Kedua, adalah Yogyakarta dengan 24.038 penumpang dan Kiaracondong sebanyak 23.406 penumpang.

Dia menyebutkan, relaksasi aturan pemerintah terkait persyaratan perjalanan orang menggunakan moda transportasi KA tak dipungkiri berdampak pada kenaikan jumlah volume penumpang. 

"PT KAI Daop 5 Purwokerto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan kepada KAI sebagai moda transportasi pilihan. KAI berkomitmen terus menyediakan transportasi yang mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: