Jalur Selatan Mulai Lengang, Arus Balik Lebaran 2023 Sudah Selesai

Jalur Selatan Mulai Lengang, Arus Balik Lebaran 2023 Sudah Selesai

Sejumlah kendaraan melintas di pertigaan Sampang-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Puncak arus balik Lebaran 2023 diyakini sudah selesai pada Senin 1 Mei 2023. Hal ini berdasarkan volume kendaraan di jalur selatan Buntu - Sampang. 

Kepala Pospam Sampang Ipda Adim Haryoko mengatakan, puncak arus balik ke dua sudah terjadi pada Minggu 30 April 2023 malam. 

"Hari Senin ini, sudah tidak terlihat arus balik, jalur dari arah Jogja menuju Jakarta sudah landai. Karena Minggu malam kemarin puncaknya, kita sampai pukul 01.00 masih masih melakukan percepatan arus di Pospam Sampang," kata dia.

Kendati demikian, kata Adim, perbandingan arus balik ke dua dengan arus balik pertama tidak begitu meningkat secara signifikan. Pihaknya pun tidak perlu melakukan percepatan lalu lintas, karena tidak menimbulkan kemacetan di lokasi. 

"Volume arus balik ke dua malah sedikit tidak ada sampai 15 persen, masih normal seperti tidak ada arusnya. Jadi untuk kegiatan arus balik Lebaran 2023 ini, untuk wilayah kita dari arah Jogja - Jakarta sudah selesai," kata dia.

Adim menjelaskan, arus lalu lintas dari Minggu 23 April - Minggu 30 April 2023 kemarin masih tergolong ramai lancar. Pasalnya selama kurun waktu satu pekan itu, tingkat volume kendaraan merata. 

"Untuk tingkat kenaikan kendaraan merata. Tidak satu dua hari saja yang tinggi. Jadi tidak ada kemacetan. Kalau tahun  lalu kan hanya satu dua tiga hari saja yang ramai," katanya.

Menurut Adim, hal tersebut dikarenakan efok tol dari arah Jogja menuju Jakarta dan juga Bandung Jawa Barat.  Selain itu, tol Semarang menuju Jakarta masih diberlakukan one way hingga pukul 24.00 nanti.

"Kita hari ini masih pengamanan sampai pukul 20.00. Setelahnya kita balik kanan ke Mako Polresta Cilacap lagi," jelas Adim.

Kondisi serupa pun terjadi di sejumlah terminal angkutan Cilacap. Hingga Senin 1 Mei 2023 ini, kondisi sejumlah terminal sudah mulai sepi penumpang. 

"Hari ini di Terminal Sidareja sudah sepi, hanya sekitar 70 penumpang. Begitupun di Terminal Karangpuncung sepi tidak ada penumpang," kata Kepala UPT Terminal Dishub Cilacap, Masikhin Jafar.

Dikatakan Jafar, kondisi di sejumlah terminal  di wilayah Cilacap timur. Pihaknyapun tidak perlu menyiapkan bus tambahan untuk kegiatan arus balik ke dua ini. 

"Sudah telayani dengan menggunakan bus reguler. Karena memang puncak arus balik ke dua ini tidak banyak. Jadi tidak perlu tambahan bus, kita hanya sediakan tambahan pada arus balik pertama lalu, ada dua bus," kata Jafar. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: