Momentum Idul Fitri, GM Kilang Cilacap: Jaga Hubungan Baik Vertikal & Horizontal

Momentum Idul Fitri, GM Kilang Cilacap: Jaga Hubungan Baik Vertikal & Horizontal

GM PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Edy Januari Utama saat mengkuti Sholat Idul Fitri di Gunung Simping Cilacap, Sabtu 22 April 2023.-PT KPI RU IV Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID – Idul Fitri sebagai simbol kemenangan umat Muslim semestinya menjadi momentum untuk saling menjaga hubungan baik secara vertikal dan horizontal. Hal itu disampaikan oleh GM PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Edy Januari Utama dalam sambutan penyelenggaran salat Idul Fitri 1444 H di area kolam pancing Gunung Simping, Cilacap Sabtu 22 April 2023.

Dijelaskan GM, manusia sebagai makhluk sosial harus menjaga hubungan, baik secara vertikal kepada Tuhan dan horizontal kepada sesama manusia. 

"Seremoni Idul Fitri mengandung muatan ibadah vertikal dan horizontal. Ibadah sosial tidak terbatas pada solidaritas sosial, namun juga harus bermurah hati dalam aspek moral dan spiritual dengan bersilaturahim dan saling memaafkan," ujarnya.

Lebih lanjut, setelah dosa vertikal terampuni melalui ibadah puasa Ramadan satu bulan penuh maka dosa horizontal harus diupayakan dapat terampuni pula, sehingga benar-benar dalam kondisi fitrah, bersih dan suci.

"Alangkah indahnya jika hal ini bisa direalisasikan dalam kehidupan sehari–hari," ucap Edy.

Pertamina, kata Edy diberi amanah oleh negara untuk memasok energi Nasional sebagai tugas penting yang tidak mudah. Namun jika hati ini bersih dan saling memaafkan, maka beban-beban dalam pekerjaan akan terasa sangat ringan. 

"Saling memaafkan tidak hanya dengan orangtua, suami istri, anak, tetapi juga dengan rekan kerja, atasan dan bawahan. Selain itu juga dengan rekan bisnis, murid-guru dan tetangga,"  tambahnya.

Sementara itu khotbah Idulfitri disampaikan oleh Ustaz Aziz Zahari Al Hafidz dari Pondok Pesantren Nurul Ihsan, Cilacap mengingatkan pentingnya istiqamah dalam beramal. Jika diibaratkan benang yang susah payah dirajut dan ditenun menjadi kain, jangan sampai kain tersebut diurai kembali.

"Begitu pula dengan kebaikan yang telah susah payah dibiasakan di bulan Ramadan jangan rela kebiasaan itu terurai begitu saja setelah Ramadan berlalu," ungkapnya.

Salat ied diikuti ratusan warga di lingkungan perumahan Pertamina Gunung Simping. Setelahnya dilakukan tradisi bersalaman, simbol saling memaafkan antar jamaah.

Selain di lapangan pancing Gunung Simping, salat ied juga dilaksanakan di lapangan komplek perumahan Pertamina Donan, dan halaman Masjid Baitussalam komplek perumahan Pertamina Tegalkamulyan, Cilacap Selatan.(*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: