Menu Sehat Lebaran: Tips Memilih Makanan yang Sehat dan Bergizi saat Idul Fitri

Menu Sehat Lebaran: Tips Memilih Makanan yang Sehat dan Bergizi saat Idul Fitri

Foto Ilustrasi Menu Makan Sehat--

RADARBANYUMAS - Lebaran adalah saat yang dinantikan oleh banyak orang, karena selain sebagai momen untuk beribadah dan berkumpul dengan keluarga, Lebaran juga identik dengan hidangan lezat dan beragam jenis makanan yang disajikan di meja makan. Namun, seringkali kita lupa untuk memilih makanan yang sehat dan bergizi saat Lebaran, sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan tips memilih menu sehat saat Lebaran.

 

Pilihlah makanan yang rendah lemak dan kalori

Makanan yang tinggi lemak dan kalori dapat meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang rendah lemak dan kalori, seperti sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit atau ikan.

 

Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi

Serat adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian.

 

Batasi konsumsi gula

Makanan manis seperti kue kering, permen, dan minuman bersoda mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan menyebabkan penambahan berat badan. Sebaiknya batasi konsumsi gula dan pilihlah makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar.

 

Pilihlah makanan yang dimasak dengan cara yang sehat

Cara memasak makanan juga mempengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. Hindari makanan yang digoreng dan pilihlah cara memasak yang lebih sehat seperti merebus, memanggang atau mengukus. Selain itu, hindari menggunakan bahan tambahan seperti garam atau kecap berlebihan karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: