BKSDA Cilacap Melepasliarkan Dua Kucing Hutan

BKSDA Cilacap Melepasliarkan Dua Kucing Hutan

Petugas BKSDA Cilacap melepasliarkan kucing hutan ke habitatnya-BKSDA UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Resor Konservasi Wilayah II CILACAP, melepasliarkan dua kucing hutan ke habitatnya, Selasa 11 April 2023.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Konservasi Wilayah Cilacap, Teguh Arifianto mengatakan, kucing hutan tersebut merupakan serahan dari masyarakat.

"Di tahun 2023 ini ada beberapa serahan dari masyarakat. Seperti beberapa ular, salah satunya jenis sanca, kucing hutan dan  lutung. Hewan tersebut memang merupakan jenis hewan yang dilindungi," kata dia, Rabu 12 April 2023.

Dikatakan Teguh, sebelum dilepasliarkan, satwa-satwa tersebut dilakukan rehabilitasi terlebih dahulu. Setelah dinyatakan layak, maka satwa-satwa tersebut akan dilepaskan ke habitat asalnya. 

Pihaknya pun menghimbau kepada masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian alam. Termasuk menjaga satwa-satwa dan tumbuhan yang dilindungi. Khususnya yang berada di Kabupaten Cilacap.

"Kita kadang melakukan sidak, apakah ada masyarakat yang melanggar memperjualbelikan atau memelihara satwa dilindungi secara ilegal. Namun ada juga lapaoran dari masyarakat. Ini yang kita apresiasi , tandanya masyarakat kita sudah peduli dengan lingkungan," kata Teguh. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: