Sekolah di Cilacap Baru 30 Persen yang Miliki Perpustakaan

Sekolah di Cilacap Baru 30 Persen yang Miliki Perpustakaan

Potret anak- anak Sekolah Dasar sedang membaca buku di perpustakaan milik sekolah mereka, Senin 03 Maret 2023.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sekolah Dasar (SD) di CILACAP minim perpustakaan, dari 972 SD Negeri baru 391 yang memiliki perpustakaan atau sekitar baru 30%, bahkan dari jumlah yang memiliki perpustakaan baru 40 SD yang terakreditasi.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Cilacap Achmad Fauzi tidak memungkiri dengan kondisi tersebut, pasalnya zaman telah merambah terhadap dunia digital.

"Kita tetap berusaha menumbuhkan minat baca, mereka (SD) tidak punya perpustakaan mestinya karena banyak faktor," ujarnya, Selasa 04 April 2023.

Sehingga pihaknya berupaya dengan mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat melalui perpustakaan keliling, pelayanan silang hingga program anggota perpustakaan berbasis NIK.

Selain itu, program floating library yakni mendekatkan perpustakaan kepada anak di wilayah pinggiran segara anakan misalnya Kampung Laut dan Kutawaru.

"Jadi kita bawa buku- buku dengan perahu ke lokasi mereka, akses mereka terbatas jadi kita yang bawa perpustakaan menyusuri segara anakan," lanjutnya.

Kemudian, pihak Dinas Arpus bekerja sama dengan Lapas untuk memberikan bahan bacaan bagi para warga binaan, sehingga mereka dalam menjalani hukuman sekaligus mendapatkan ilmu literasi.

"Sistemnya kita droping buku ke Lapas, nanti beberapa bulan kita ganti begitu terus - menerus," pungkas Achmad Fauzi. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: