Bencana Tanah Longsor Menimpa Desa Sidamulya Karangpucung

Bencana Tanah Longsor Menimpa Desa Sidamulya Karangpucung

Warga membersihkan material longsor Senin 5 Maret 2023-BPBD CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Bencana tanah longsor kembali menimpa Kabupaten CILACAP. Kali ini terjadi di Desa Sidamulya Kecamatan Karangpucung. 

Kalak BPBD Cilacap, Wijonardi mengatakan, bencana tersebut terjadi pada Minggu 4 Maret 2023. Hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada sore hari, menyebabkan bencana tanah longsor

"Kejadiannya pukul 16.20 WIB. Bencana tanah longsor ini mengakibatkan kerusakan  rumah warga dan jalan desa. Satu rumah jebol dan tiga rumah terancam terbawa longsor, kata Wijonardi, Senin 5 Maret 2023.

BACA JUGA:Tersangka Perampokan di Kaliwungu Kedungreja Ngaku Tak Sengaja Tembak Korban

Dikatakan Wijonardi, potensi bencana tanah longsor di lokasi memang sangat tinggi, dan kerap terjadi baik di bangunan infrastruktur (Jalan) maupun di komplek perumahan padat penduduk.

"Jalan yang terkena longsor itu merupakan mobilitas perekonomian dan pendidikan.  Biasa juga digunakan untuk menuju jalan Kabupaten Banyumas," ujarnya.

Menurut Wijonardi, penanganan darurat pembersihan material longsor telah selesai dikerjabaktikan yang melibatkan Forkopincam dan warga setempat. 

BACA JUGA:Pekan Depan, ASN di Lingkungan Pemkab Purbalingga Sudah Terima THR

"Pasca longsor masih terjadi gerakan tanah dengan pergerakan lambat di tempat kejadian bencana. Saya himbau ke Pak Kades untuk meningkatkan kesadaran tanggap bencana dan  kapasitas SDM. Jika terjadi bencana bisa langsung dikoordinasikan dengan dinas terkait, biar cepat ditanggulangi," ujar Wijonardi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: