Jalan Kaki, Masyarakat Bonokeling Adiraja Lakukan Ritual Punggahan

Jalan Kaki, Masyarakat Bonokeling Adiraja Lakukan Ritual Punggahan

Masyarakat Bonokeling Adiraja berjalan kaki menuju Pekuncen Jatilawang, Kamis 16 Maret 2023 -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Ratusan masyarakat adat Bonokeling dari Desa Adiraja, Kecamatan Adipala berbondong-bondong menuju makam leluhur di Desa Pekuncen, Kabupaten Banyumas melakukan ritual punggahan, Kamis 16 Maret 2023.

Mereka mengenakan pakaian pakaian tradisional Jawa, berjalan kaki sejauh 30 kilometer serta membawa bakal untuk dimasak bersama dengan ribuan peziarah lain yang berdatangan dari berbagai daerah. 

Setibanya di Desa Pekuncen, Banyumas. Suasana desa akan dipenuhi nyanyian tembang-tembang Jawa, yang berisi pujian-pujian atau perkataan baik yang dipanjatkan kepada Kyai Bonokeling.

Salah satu masyarakat adat Banokeling, Giran Candra mengatakan, tradisi tersebut sudah ratusan tahun dilakukan saat menjelang bulan puasa atau kerap disebut tradisi nyadran. 

"Ada sekitar 200 anak putu yang berangkat. Hari Kamis ini berangkat ke Jatilawang, Jum'at nya ritual di sana dan Sabtu pulang ke tempat masing-masing," kata dia.

Giran mengatakan, tujuan dari tradisi nyadran tersebut adalah meminta keselamatan kepada yang maha kuasa, terlebih saat menjelang bulan Ramadan.

"Ini adalah laku ritual yang harus dijalankan. Sebuah tradisi yang harus dijaga. Masyarakat Bonokeling akan tetap masih mempertahankan tradisinya secara ketat," kata dia.

Setelah rampung melakukan prosesi ziarah, seluruh masyarakat Bonokeling dari Cilacap kembali lagi ke tempat asalnya dengan tetap berjalan kaki.  (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: