Dua Puluh Karya Terbaik Lomba Desain Batik Banyumas Dipamerkan Saat HUT ke-43 Dekranasda

Dua Puluh Karya Terbaik Lomba Desain Batik Banyumas Dipamerkan Saat HUT  ke-43  Dekranasda

Para model membawa 10 kategori terbaik di Pendopo Si Panji, Jumat (3/3). (FOTO: Mahdi Sulistyadi/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 20 desain motif batik Banyumasan dipamerkan dalam HUT ke-43 Dekranasda, di Pendopo Si Panji Jumat (3/3). 

Dari 20 desain tersebut, terdiri dua kategori. Sebanyak 10 desain merupakan kategori umum, sedangkan 10 lagi merupakan kategori pelajar. 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyumas, Ny Erna Husein mengatakan 20 desain ini adalah kategori terbaik yang sudah dinilai oleh juri.

"Yaitu dari pakem banyumasan yaitu sesuai dengan pola agraris dan flora dan fauna khas Banyumasan. Kemudian inovasi kreasi, originalitas, serta kerapian," tuturnya. 

BACA JUGA:Penataan Kota Lama Banyumas Tetap Dirancang Dalam Tiga Segmen

Dia berharap, kedepan kegiatan seperti ini terus ada. Kali ini, kegiatan seperti ini bertujuan untuk mempromosikan pengrajin batik, UMKM yang terdampak pandemi.

"Agar bisa kembali pulih. Dan muncul bahwa Banyumas ada banyak motif batik. Baik alam maupun khas banyumas," tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga diumumkan juara masing-masing kategori. 

Untuk kategori umum juara 1 dimenangkan oleh Mulyono. Juara 2 oleh Fredi Ari Dwi Martin dan juara 3 dimenangkan oleh Widyanto Pranowo. 

Sementara untuk kategori pelajar, juara pertama dimenangkan oleh Anisa Nur Alya, juara dua oleh Adetya Citra Andini dan juara tiga yaitu Desi Rahmadani. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: