Pemkab Cilacap Gratiskan Perawatan dan Pengobatan bagi Balita Yang Terdata Stunting

Pemkab Cilacap Gratiskan Perawatan dan Pengobatan bagi Balita Yang Terdata Stunting

PJ Bupati saat melakukan pemantuan intervensi stunting di Kecamatan Kesugihan, Selasa 31 Januari 2023 lalu.-DOK. JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten CILACAP menggratiskan biaya pengobatan dan perawatan bagi balita yang masuk daftar stunting. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan CILACAP Pramesti Griana Dewi ketika dihubungi Radarmas, Jumat 03 Februari 2023.

"Itu sesuai dengan arahan Bu PJ Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, RSUD Cilacap dan Majenang sudah siap," katanya.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Cilacap fokus terhadap penanganan stunting serta faktor-faktor penyebabnya, hal itu untuk mengejar penurunan angka prevalansi pada tahun 2024 sebesar 10 persen.

"Sebenarnya untuk rata-rata, kita sudah dibawah WHO, kalau saat ini hampir mencapai 14 persen," lanjutnya.

Sehingga saat ini tengah diadakan upaya masiv untuk intervensi terhadap balita stunting yaitu dengan Pemberian Makanan Tambahan serta penimbangan serentak 2 Minggu sekali.

"Program intervensi dilakukan selama 90 hari penuh, balita - balita yang berpotensi di keseluruhan Kecamatan kita intervensi, dan ternyata progresnya sangat bagus," tambahnya.

Contohnya, di wilayah Kampung Laut memasuki pekan Ke - 6 intervensi tercatat 33 balita tercatat stunting, dari jumlah itu sebagian sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Di Kampung Laut dari dari 33 balita, 18 diantaranya sudah naik berat badanya, sedangkan sisanya 15 anak tetap, kemudian yang bertambah tinggi badan sebanyak 20 anak, untuk wilayah lain pun dilaporkan ada progres yang bagus," pungkas Pramesti.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: