Hujan Disertai Angin Kencang Berpotensi di Cilacap

Hujan Disertai Angin Kencang Berpotensi di Cilacap

Pengguna jalan melintas saat hujan, Selasa 28 Februari 2023.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Cuaca ekstrem berupa hujan deras dan angin kencang, masih berpotensi di Kabupaten CILACAP. Bahkan dapat disertai dengan petir atau kilat. 

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, potensi tersebut dapat terjadi hingga 2 Maret 2023 mendatang.

Dia pun meminta masyarakat yang hendak beraktivitas di luar rumah, untuk selalu waspada serta mengantisipasi sedini mungkin potensi bencana yang akan terjadi.

"Waspada ada hujan deras disertai angin kencang," kata dia, Selasa 28 Februari 2023.

Selain itu, pola angin di laut selatan Jabar-DIY dominan bergerak dari arah selatan hingga barat laut dengan kecepatan 2-30 knot.

Pola gerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi tersebut, menurut Rendi, berpotensi meningkatkan tinggi gelombang di laut Jabar-DIY.

"Untuk tinggi gelombang di perairan selatan Cilacap saat ini katagori tinggi, 2,5 sampai 4,0 meter.  Sedangkan di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah sangat tinggi, 4,0 meter sampai 6,0 meter," kata dia.

Untuk itu, bagi masyarakat yang berwisata ke pantai maupun pengguna jasa kelautan diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di laut. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: