Bakal Ada 100 Grup Iringi Kirab Pusaka Hari Jadi Banyumas

Bakal Ada 100 Grup Iringi Kirab Pusaka Hari Jadi Banyumas

Ilustrasi Pelajar Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Banyumas berlatih tari kolosal di halaman Pendopo Si Panji Purwokerto (14/2/2023). Latihan tari tersebut untuk memeriahkan kirab pusaka hari jadi Kabupaten Banyumas 19 Februari mendatang. (Dimas Prabowo--

PURWOKERTO - Terdaftar sekitar 100 grup bakal mengiringi pusaka pada pagelaran Kirab Pusaka, pada Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452, Minggu (19/2). 

 

Mereka terdiri dari perjabat di lingkungan Pemkab Banyumas hingga perangkat desa, BUMN dan BUMD. 

 

Kabag Kesra Setda Banyumas sekaligus Sekretaris Panitia Hari Jadi Kabupaten Banyumas, Suwondo Geni mengatakan selain membawa pusaka, mereka juga akan menampilkan pakaian ada khas Banyumasan.

 

"Yang dikirab pusaka ada tombak, kitab, keris, senjata tempo dulu. Pusakanya juga sudah dijamas terlebih dahulu, dibersihkan kemudian baru dikirab," kata dia.

 

Kirab Pusaka rencananya bakal digelar mulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB, dengan start di Pendopo Wakil Bupati Banyumas dan Finish di Pendopo Si Panji. 

 

Suwondo menambahkan, nantinya pusaka tersebut akan diiringi oleh bupati-bupati Banyumas dari pertama sampai terakhir. Kemudian, untuk bupati yang sudah tidak ada, akan ditampilkan foto-fotonya. 

 

"Jika yang masih ada namun berhalangan, mungkin karena sudah sepuh, nanti diwakilkan foto-fotonya untuk dibawa oleh putra-putri Banyumas," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: