KPU Kabupaten Banyumas Mengerahkan 5.581 Petugas Pantarlih Untuk Mendata Pemilih

KPU Kabupaten Banyumas Mengerahkan 5.581 Petugas Pantarlih Untuk Mendata Pemilih

Petugas Pantarlih KPU Banyumas menempelkan stiker tanda sudah coklit di kaca jendela rumah pribadi Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Trilastiono, minggu siang (12/2/2023). Coklit dari petugas Pantarlih dilakukan mulai 12 Februari hingga 14 Maret 2023. (Dimas --

PURWOKERTO - Kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024 dimulai, 12 Februari hingga 14 Maret 2023 mendatang.

Ketua KPU Banyumas Imam Arif Setiadi mengatakan, kegiatan coklit didahului dengan pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang diadakan di masing-masing desa dan kelurahan.

"Ada sebanyak 5.581 petugas pantarlih di 331 desa/kelurahan," kata dia.

Dia melanjutkan, petugas akan mendatangi dari pintu ke pintu setiap rumah. Petugas dibekali kartu pengenal, membawa formulir coklit, serta mengenakan atribut pantarlih.

"Kami tekankan kepada pantarlih, untuk mengedepankan adab. Karena kita akan door to door. Sehingga diharapkan bisa lancar," tuturnya.

Sementara itu, Anggota KPU Banyumas, Khasis Munandar menghimbau agar masyarakat menyiapkan KTP elektronik atau Kartu Keluarga atau dokumen kependudukan yang lain.

"Coklit merupakan upaya dari Komisi Pemilihan Umum guna menyusun data pemilih yang valid, akurat, akuntabel, dan transparan. Pastikan Anda terdaftar dalam daftar pemilih untuk Pemilu 2024 mendatang," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: