Dianggarkan Rp 8,5 Miliar Setahun, Penambalan Jalan Berlubang Dikebut

Dianggarkan Rp 8,5 Miliar Setahun, Penambalan Jalan Berlubang Dikebut

Jalan raya di perempatan Karangkabhr Padamara saat ditambal dengan anggaran pemeliharaan rutin akhir Januari 2023.-DPUPR UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Belum ditanganinya perbaikan jalan yang rusak, menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) PURBALINGGA melakukan penanganan sementara.

Yaitu mengkebut penambalan jalan berlubang secara masif dalam beberapa pekan terakhir ini.

Kabid Bina Marga DPU PR Kabupaten Purbalingga, Tri Wibowo menjelaskan, secara pasti dinas tidak bisa menentukan berapa ruas jalan yang bisa ditangani dengan pemeliharaan rutin melalui penambalan. Karena satu ruas jalan penanganannya bisa lebih dari satu kali dalam satu tahun.

"Kami anggarkan untuk pemijatan rutin pekerjaan jalan raya sebesar Rp 8,5 miliar setahun. Januari sudah mulai dilaksanakan," katanya Senin 6 Februari 2023.

Anggaran itu tidak hanya untuk penambalan jalan aspal, namun juga perbaikan drainase jalan dan lainnya.

"Kami lakukan penambalan atas dasar pengamatan petugas dan laporan masyarakat," tambahnya.

Ia juga mengatakan jika kerusakan jalan berlubang cukup didominasi faktor penghujan dan ada drainase yang tidak optimal. Sehingga air hujan masuk ke jalan.

Kemudian intensitas kendaraan sangat padat dan volume angkutan yang berlebihan juga ikut andil menyebabkan jalan rusak. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: