Tilang Elektronik Drone di Purwokerto Diujicoba Ditlantas Polda Jateng

Tilang Elektronik Drone di Purwokerto Diujicoba Ditlantas Polda Jateng

Tim Ditlantas Polda Jateng bersama Satlantas Polresta Banyumas saat uji penerapan Tilang Elektronik di alun-alun Purwokerto (31/1/2023). penerapan Tilang Elektronik dengan menggunakan Drone di wilayah hukum Polres Banjarnegara, Polres Purbalingga dan Polr-Foto Dimas Prabowo/Radar Banyumas -

 PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID- Ditlantas Polda Jawa Tengah bersama dengan Satlantas Polresta Banyumas melakukan ujicoba ETLE Drone di Jalan Jenderal Soedirman Alun-Alun Kota Purwokerto, Selasa (31/1). 

Ujicoba ETLE Drone ini merupakan bagian dari sosialisasi pengenalan penindakan pelanggaran lalu lintas demi terwujudnya budaya tertib berlalu lintas. 

Hadirnya ETLE Drone, merupakan bentuk ketiga penindakan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan secara ETLE. 

"Ini penyempurnaan dan pengembangan ETLE yang sudah sangat massif dilaksanakan Polda Jawa Tengah. Dan perlu kita ketahui Polda Jateng saat ini ada ETLE statis, ETLE mobile, dan ETLE Drone," ungkap Kepala Seksi Pelanggaran Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Ilham S Sakti. 

BACA JUGA:Puting Beliung di Desa Karangnangka, 13 Rumah Rusak

Kompol Ilham juga menjelaskan, jika pelanggar lalu lintas yang terjaring pada ETLE Drone akan terekam kemudian dikirim ke back office dan diverifikasi serta divalidasi data, lalu dikirim ke alamat pelanggar. 

"Mekanisme operasional ETLE Drone ini seperti drone lainnya ketika ditemukan ada pelanggaran di capture dan hasil recordnya dikirim ke back office untuk diverifikasi dan divalidasi setelah itu dikirim ke alamat pelanggar lalu lintas," lanjutnya.

Adapun kemampuan terbang ETLE Drone itu berkisar 30 hingga 40 menit sehingga pengoperasian hanya dilakukan di tempat-tempat tertentu saja. 

"Pengoperasian ETLE drone tidak hanya dilakukan untuk penindakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas tapi juga traffic manajemen, memantau situasi arus lalin di trouble spot atau black spot," jelasnya. 

BACA JUGA:Sungai Laban Purbalingga Meluap, Desa Sanguwatang dan Karangjambu Tergenang

Dan karena sifatnya dinamis dan konsepnya mobile, pengoperasian ETLE Drone akan diterapkan berbarengan dengan kegiatan patroli atau di saat ada kegiatan permasalahan lalu lintas. 

Kota Purwokerto sendiri, menurutnya merupakan Kota ke 29 yang dilakukan uji coba ETLE Drone dan akan dilaksanakan pada 35 Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah. 

"Jadi ini merupakan perintah dari pak Dirlantas langsung dan dilaksanakan di 35 Polres di seluruh wilayah hukum Jawa Tengah, dan Banyumas ini lokasi yang ke 29," tutupnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: