Paling Lengkap dan Kompleks, Kilang Cilacap Ditetapkan PT KPI sebagai Pilot Project PS- AIMS

Paling Lengkap dan Kompleks, Kilang Cilacap Ditetapkan PT KPI sebagai Pilot Project PS- AIMS

Para penanggung jawab PT KPI Pusat dan PT KPI RU IV Cilacap mengikuti sosialisasi dan visitasi tim untuk persiapan Rolling Out Project dan Go Live Procedure Safety AIMS di Ruang Rapat Flamboyan Gedung Head Office RU IV, pada Senin, 23 Januari 2023.-PT KPI RU IV UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Di sebuah industri yang mempunyai risiko tinggi seperti industri nuklir, minyak dan gas, serta industri kimia, sistem manajemen untuk mencegah kecelakaan produksi terus berubah. Salah satu evolusi terakhir terkait  Process System Management (PSM) adalah  Management Integrity Asset/ Asset Integrity Management System (AIMS). 

Menjawab komitmen peningkatan manajemen keselamatan proses yang mencakup AIMS tersebut, Manajemen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap mengikuti sosialisasi dan visitasi tim untuk persiapan Rolling Out Project dan Go Live Procedure Safety AIMS di Ruang Rapat Flamboyan Gedung Head Office RU IV, pada Senin, 23 Januari 2023.

Dalam kesempatan ini hadir pula para penanggung jawab dari KPI kantor pusat maupun KPI RU IV Cilacap.

General Manager PT KPI RU IV, Edy Januari Utama berharap kegiatan ini dapat menjadi tantangan untuk meningkatkan pengelolaan aspek safety dan keandalan, 

"Seperti diketahui kilang- kilang di jajaran PT KPI beroperasi secara maksimal hampir menyentuh kapasitas demand, maka aspek keandalan menjadi penting," ujarnya. 

Sahkundiyar, mewakili Chief of Process Engineering & Improvement PT KPI menyatakan Kilang Cilacap layak menjadi pilot project implementasi karena merupakan kilang paling kompleks dan lengkap terutama dari sisi Engineering & Development. 

"Resources di RU IV ini paling lengkap sehingga hasil diskusi penguatan Process Safety-Asset Integrity Management System bersama Direktur Operasi PT KPI, tanggal 10 Januari 2023 lalu menetapkan RU IV sebagai lokasi pilot project," tegasnya. 

Ke depan, lanjutnya, semua penanggung jawab dari seluruh RU akan bergabung di RU IV untuk mendapat pembekalan dari konsultan selama 5 - 6 bulan, "Tujuannya, ketika 1 siklus di RU IV selesai maka RU lain akan mengikuti," ujarnya. 

I Made Sukaraja, Center of Excellence PT KPI menjelaskan selain berdasarkan konsep proses safety, penerapan PSM- AIMS ini mengacu pula pada kebijakan HSSE yang telah disetujui oleh Direktur Utama PT KPI pada 29 Maret 2022.

"Ini adalah tindak lanjut pemenuhan rekomendasi Audit ISRS - 9 PT KPI tahun 2022. PS-AIMS ini sebagai peningkatan dan penguatan sistem yang sudah ada," ungkapnya. 

Implementasi penguatan Safety & Asset Integrity Management System secara bertahap konsisten dan menyeluruh guna mencegah dan mengurangi potensi Major Accident ini, imbuhnya, telah dituangkan dalam komitmen yang ditandatangani bersama seluruh elemen Direktorat Operasi PT KPI di Surabaya, 9 Desember 2022.(*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: