Honda

PAD Pariwisata Cilacap Tahun 2022 Tak Penuhi Target

PAD Pariwisata Cilacap Tahun 2022 Tak Penuhi Target

Pengunjung sedang bermain di Pemandian Air Panas Cipari beberapa waktu lalu. -DISPORAPAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Cilacap, keteteran dalam memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata di tahun 2022 lalu. 

Hasilnya, dari target Rp 632 juta hanya terealisasi 63 persennya. Pemerintah Kabupaten Cilacap sendiri hanya memiliki satu aset wisata yang dikelola, yakni Pemandian Air Panas Cipari.

Sedangkan destinasi lainnya yakni Gunung Selok dikelola bersama Perhutani. 

BACA JUGA:Bayi Lahir di Stasiun Setelah Pecah Ketuban di Gerbong KRL Jurusan Tigaraksa-Tanah Abang

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Disporapar Cilacap, Kasidi mengatakan, dari hasil evaluasi, pihaknya tahun ini menurunkan target PAD pariwisata.

"Target PAD tahun 2023 ini kita turunkan. Karena jumlah yang ditargetkan BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) tahun lalu terlalu besar. Tahun ini hanya sekitar Rp 250 juta," kata dia.

Kasidi mengatakan, munculnya banyak wisata swasta menjadi saingan tersendiri bagi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap. 

BACA JUGA:Waspadai Cuaca Ekstrem, Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan, Ini Yang Harus Dipersiapkan

"Saingannya sekarang banyak yang bermunculan. Kita mau membangun saja anggaran tidak ada, apalagi untuk menambah wahana, untuk pemeliharaan saja cukup susah," katanya.

Untuk itu, pihaknya menyesuaikan pendapatan yang ada di Pemandian Air Panas Cipari. Dengan harapan, pengunjung wisata di tahun 2023 ini bisa meningkat. (ray)

Sumber: