Wow, Bayi Empat Bulan Bisa Dilatih Berenang Loh

Wow, Bayi Empat Bulan Bisa Dilatih Berenang Loh

ILUSTRASI Bayi berenang-pinterest/The Bump-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Bagi anak-anak, brenang tidak dianggapsebagai olah raga. Mereka masih merasakan senang bermain air. Mengajarkan anak berenang dari bayi, tidak ada larangan. Namun, tetap memastikan kondisi anak dan sudah cukup umur.

Melansir dari berbagai sumber, mengajarkan olah raga pada anak sedari dini, bisa membantu perkembangan motorik pada anak. Dimana kecenderungan otak bayi untuk meniru dan menyerap informai yang diterima.

BACA JUGA:Masuk Kolong Bus Trans Banyumas, Begini Kondisi Bocah di Baturraden Usai Terlindas

Untuk memulai mengajarkan anak berenang, setidaknya saat anak bisa mengendalikan tubuhnya sendiri. Hal itu bisa dilakukan pada anak memasuki usia 4 sampai 6 bulan. Pasalnya si kecil sudah bisa duduk secara tegak dan menyangga kepalanya saat digendong.

Tidak hanya usia yang perlu diperhatikan. Faktor suhu air juga penting dikendalikan. Ada baiknya suhu air sekira 32 derajat celcius. Dirasa pas dan nyaman untuk bayi, dan tidak merasa dingin.

Selain itu, ada baiknya tidak mengajak bayi berenang di kolam renang umum. Dikarenan kulit bayi masih rentan.

BACA JUGA:Menikah Jadi Isu, Kapan Luns? Tulis Gading Marten, Luna Maya: Diatur yuk ha

Ada proses untuk memasukkan bayi ke kolam renang, dilakukan dengan perlahan. Agar lebih meyakinkan, ada baiknya dilakukan bersama pelatih profesional.

Jika bayi sudah pernah berenang atau mengikuti kelas renang sejak usia 4 bulan, saat menginjak usia 6 bulan ke atas lebih mudah beradaptasi untuk sesi renang berikutnya.

Orang tua tidak perlu ragu untuk melatih bayinya berenang sejak usia 4 bulan. Sebab ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Baik untukorang tua maupun si anak. Berikut manfaat melatih bayi berenang :

BACA JUGA:Manisnya Melon Hidroponik yang Dikelola BUMDes Nusadadi

1. Menigkatkan Kepercayaan Diri

Dalam hal ini, bayi yang berenang sejak usia 4 bulan, bisa meningkatkan rasa percaya diri karena sudah terlatih. Dan mudah beradaptasi di lingkungan baru.

2. Mengurangi Resiko Tenggelam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: