Tahun Depan Diusulkan Rambu dan Fasilitas Baru

Tahun Depan Diusulkan Rambu dan Fasilitas Baru

Area Taman Eduaksi Lalu Lintas Terminal Bulupitu Purwokerto tetap dibuka, walaupun sekolah libur.-Foto Laily Media Y / Radar Banyumas-

PURWOKERTO- Rambu lalu lintas yang ada di Taman Edukasi Lalu Lintas Terminal Bulupitu Purwokerto, terlihat sudah pudar warnanya. Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Irawadi melalui Kepala Seksi Keselamatan Dinhub Kabupaten Banyumas, Mufti Hakim mengatakan, tahun depan akan diusulkan untuk rambu dan fasilitas baru.

"Sekarang ada sepeda kecil, bisa dipakai berkeliling di area Taman Edukasi Lalu Lintas," katanya.

Dia menuturkan, sesuai Surat Keputusan (SK) Dirjen Perhubungan No 3949/AJ.403/DRJD/2015 tentang Taman Edukatif Keselamatan Transportasi Darat, akan menyediakan fasilitas sesuai standar. Untuk mendukung edukasi lalu lintas.

BACA JUGA:PMI Banyumas : PMR Sekolah Terkendala Sapras Yang Belum Lengkap

Di dalam SK tersebut juga disebutkan cara menyeberang jalan di zebracross, cara berlalu lintas di jalan, dan sebagainya. Bahkan dalam kunjungan siswa, diajarkan secara teori di area Taman Edukasi Lalu Lintas, serta belajar langsung dengan menyusuri jalan raya.

"Kalau dari usia dini diajarkan tentang lalu lintas, harapannya semakin tertanam dalam diri dan bisa menerapkannya sampai dewasa," tuturnya.

BACA JUGA:Tahun Baru di Purwokerto, Titik Pusat Kegiatan Ada di Menara Teratai

Untuk Taman Edukasi Lalu Lintas baru ada di beberapa kota. Di eks Karesidenan Banyumas, baru ada di Kabupaten Banyumas. Dan terbuka untuk kunjungan siswa dari Banjarnegara, Purbalingga, dan Cilacap. Sampai saat ini persentase kunjungan dari daerah lain tidak mencapai 20 persen. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: