Operasi Pasar Nataru Dilaksanakan Kondisional

Operasi Pasar Nataru Dilaksanakan Kondisional

Aktifitas perniagaan di Pasar Wage Purwokerto (10/8/2022). Pasar Wage termasuk dalam pasar yang akan diterapkannya program pengurangan penggunaan kantong plastik.-Foto Dimas Prabowo/Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Sebagai antisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas), Pemkab Banyumas melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas, siap untuk menyelenggarakan operasi pasar. Namun dilakukan secara kondisional.

"Kami terus pantau harga Kepokmas di Kabupaten Banyumas, kalau ada kenaikan harga yang signifikan, baru akan dilaksanakan," ujar Kepala Dinperindag Kabupaten Banyumas, Titik Pujiastuti, SH, MPd melalui Staff Bidang Perdagangan Dinperindag Kabupaten Banyumas, Widi Jatmiko (Miko).

Dia mengatakan, sampai sekarang harga Kepokmas masih relatif stabil. Diharapkan tidak sampai diselenggarakan operasi pasar.

BACA JUGA:Stok Kepokmas di Banyumas Dijamin Aman, Harga Relatif Stabil

"Kalau ada operasi pasar, dipastikan harga Kepokmas tinggi, kasihan masyarakat yang sulit menjangkau," katanya.

Menurutnya, kestabilan harga Kepokmas saat ini salah satunya efek dari pasar murah yang diselenggarakan setiap Jumat dalam sebulan. Diselenggarakan di beberapa kelurahan di perkotaan Purwokerto, sejak awal November sampai akhir Desember ini.

 Dengan terkendalinya harga Kepokmas, menjadi upaya pengendalian inflasi Purwokerto. Di mana pada Oktober inflasi Purwokerto dipicu harga beras dan minyak goreng. Sedangkan inflasi November dipicu oleh transportasi. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: