Perpustakaan Lima Sekolah di Banyumas Terakreditasi Tahun Ini

Perpustakaan Lima Sekolah di Banyumas Terakreditasi Tahun Ini

Dinarpusda Kabupaten Banyumas untuk Radarmas- Proses pendampingan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Banyumas, saat melengkapi data akreditasi perpustakaan di SMPN 2 Karanglewas.--

PURWOKERTO- Selama 2022, perpustakaan di Kabupaten Banyumas yang terakreditasi tambah lima unit. Ada Perpustakaan MAN 1 Banyumas predikat A, SMPN 7 Purwokerto predikat A, SMPN 1 Banyumas predikat A, SMPN 2 Karanglewas predikat A, dan SMPN 1 Kembaran predikat B.

"Dua sekolah sudah menerima sertifikat yaitu MAN 1 Banyumas dan SMPN 7 Purwokerto, yang tiga lainnya baru diumumkan predikatnya," papar Pustakawan Madya Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Banyumas, Fuad Zein Arifin.

Sementara itu, sampai sekarang yang sedang proses pengusulan untuk akreditasi perpustakaan ada tiga sekolah. Dari SDN Banjarsari Kulon, Sumbang, SD Al Irsyad Al Islamiyah 2 Purwokerto, dan SMPN 8 Purwokerto.

Fuad mengatakan, SMPN 8 Purwokerto sudah menyerahkan berkasnya ke Dinarpusda Kabupaten Banyumas, Rabu (14/12). Kemungkinan jadwal visitasi dari pemerintah pusat pada triwulan pertama 2023

"Kalau kemarin pas pandemi covid-19 dilakukan via zoom, belum tahu tahun depan apakah masih lewat zoom atau datang langsung," katanya.

Dia menambahkan, akreditasi perpustakaan tidak hanya untuk sekolah. Namun bisa perpustakaan umum seperti perpustakaan kabupaten, kecamatan, dan desa. Serta perpustakaan yang menunjang pendidikan di perguruan tinggi dan sekolah jenjang SD sampai SMA. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: