Deklarasikan sebagai Kabupaten ODF, Cilacap telah bebas dari BABS

Deklarasikan sebagai Kabupaten ODF, Cilacap telah bebas dari BABS

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Pramesti Griana Dewi pimpin pembacaan deklarasi ODF, Rabu 14 Desember 2022. (Julius/Radarmas)--

CILACAP - Kabupaten Cilacap berhasil mendeklarasikan diri sebagai kabupaten ODF (Open Defecation Free) yang artinya seluruh masyarakatnya tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Pembacaan deklarasi dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Pramesti Griana Dewi di ikuti oleh perwakilan para Camat di lingkup Pemkab Cilacap.

"ODF ini bukan karena faktor ekonomi yaa, akan tetapi merupakan tingkah laku," Kata PJ Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, Rabu 14 Desember 2022.

Menurut Yunita, sebelum pendeklarasian,  dilakukan assesment dari Dinas Kesehatan Provinsi pada beberapa desa, dengan penilian disetiap rumah mengenai sanitasi  serta perilaku warga.

"Sudah dilakukan penilaian, apakah punya jamban atau tidak, bersih atau tidak kemudian ditanyai perilaku nya," lanjut Yunita.

Meski demikian, ODF di Kabupaten Cilacap ini masih tergolong ODF Akses, artinya masih banyak yang belum punya jamban sehat, sehingga itu masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab.

"Kita berhasil rubah perilaku nya, tapi masih ada saja masyarakat yang belum punya jamban sehat, nanti akan kita kordinasikan lintas sektor," pungkas Yunita.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: