Pencairan BLT DBHCHT Petani Tembakau Terus Jalan

Pencairan BLT DBHCHT Petani Tembakau Terus Jalan

Petani tembakau di Desa Ciberem menerima BLT DBHCHT 2022 di balai desa, Selasa (13/12). (Yudha Iman Primadi)--

PURWOKERTO - Tidak hanya bagi buruh pabrik rokok, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) bagi petani tembakau di Banyumas juga terus dicairkan.

Pantauan Radarmas, Selasa ini (13/12), pencairan dilakukan oleh bank penyalur bersama Dinsospermades Banyumas di Desa Ciberem Kecamatan Sumbang.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin (PSPFM) Dinsospermades Banyumas, Sunadi, SIP mengatakan di Desa Ciberem, jumlah petani tembakau yang menerima BLT DBHCHT sebanyak 21 orang. Masing-masing menerima Rp 2,1 juta yang sudah langsung masuk ke buku rekening.

"SeBanyumas total penerima BLT DBHCHT ada sekitar 300an petani tembakau," katanya ditemui Radarmas, Selasa (13/12).

Sunadi menjelaskan untuk dapat mengambil buku rekening, petani tembakau penerima BLT DBHCHT tidak dapat diwakilkan kedatangannya. Termasuk dengan menggunakan surat kuasa. Hal ini untuk memastikan bantuan benar-benar diterima sesuai nama yang terdaftar.

"Walaupun diwakilkan istrinya tidak bisa. Harus orang yang bersangkutan," terangnya.

Disinggung terkait adanya petani tembakau yang tak kunjung datang ke Balai Desa Ciberem untuk mengambil BLT DBHCHT sesuai batas waktu yang ditentukan pada pukul 10.00 WIB, petani dapat menyusul pihak bank ke tempat penyaluran bantuan berikutnya secepatnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: