Rencanakan Fasilitas Animasi Wayang di Museum Wayang Banyumas

Rencanakan Fasilitas Animasi Wayang di Museum Wayang Banyumas

WAYANG KULIT : Pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Desa Medayu, kecamatan Wanadadi yang bakal menampilkan dua dalang sekaligus dengan lakon ‘Sesaji Pendowo Syukur’. Doc Pujud Radar Banyumas --

PURWOKERTO- Sampai sekarang, Museum Wayang Banyumas yang dikelola UPT Lokawisata Purwomas, memiliki tarif masuk Rp 1 ribu. Kepala UPT Lokawisata Purwomas, Dewi Kamawati Pertiwi mengatakan, museum termasuk Museum Wayang Banyumas merupakan bagian dari wisata edukasi.

"Tidak semata-mata menonjolkan besaran tarif," katanya.

Pada usulan perubahan Perda, besaran tarif masuk Museum Wayang Banyumas tidak berubah. Selain itu, untuk meringankan pengunjung Museum Wayang Banyumas, yang didominasi pelajar.

"Agar pelajar tidak merasa keberatan saat masuk Museum Wayang Banyumas, karena banyak pengetahuan perwayangan yang bisa didapat," imbuh Dewi.

Sementara itu, Sub Koordinator Purbakala dan Permusiuman Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Arif Rachman menyampaikan, tahun depan akan dibuat animasi wayang. Dinporabudpar Kabupaten Banyumas sudah mengusulkan ke pemerintah pusat.

"Nanti bisa dikombinasikan dengan alokasi APBD, untuk diputar di Museum Wayang Banyumas," ujarnya.

Diharapkan dengan pemutaran animasi wayang, mengena pada generasi muda sekarang. Agar lebih mengenal perwayangan dengan mengikuti perkembangan jaman yang serba digital. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: