Optimalisasi Pokdarwis Lembah Asri untuk Meningkatkan Ekonomi Warga Desa Serang Purbalingga

Optimalisasi Pokdarwis Lembah Asri untuk Meningkatkan Ekonomi Warga Desa Serang Purbalingga

Tim Pengabdian Masyarakat -Rida untuk Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Terletak di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Desa Serang memiliki potensi wisata alam yang besar. Saat ini, Desa Serang tengah mengembangkan beberapa objek wisata seperti Lembah Asri Serang, Gardu Pandang Gunung Malang, dan lainnya.  

Namun demikian, pemberdayaan masyarakat sekitar objek wisata masih dirasa kurang. Untuk itu, Tim Institusi Teknologi Telkom Purwokerto dan Universitas AMIKOM Purwokerto melakukan pengabdian masyarakat di desa ini.

Yanuar Ikhsan Pamuji, Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto mengatakan, wisata alam di desa ini sangat besar. Apalagi, Desa Serang berbatasan dengan Puncak Gunung Slamet di bagian sebelah barat, sehingga menambah keindahan panorama untuk wisata.

"Kami melakukan pengabdian masyarakat di desa ini, dengan melakukan sejumlah pelatihan kepada masyarakat terkait hasil alam di sekitar objek wisata, pelatihan pengembangan inovasi produk lokal, promosi digital, dan menyajikannya secara bersama dalam sebuah acara creative placemaking," katanya.

Bachrul Restu Bagja, Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto menjelaskan, program ini juga melibatkan mahasiswa untuk terjun langsung mengimplementasikan ilmunya untuk menyelesaikan masalah yang ada dimasyarakat tersebut.

Sementara itu, Dosen Universitas AMIKOM Purwokerto, Rida Purnama Sari menambahkan, program creative placemaking dilaksanakan pada acara Festival Gunung Slamet pada 12-14 Juli 2024 lalu.

Pada festival ini mengundang artis nasional sebagai pengisi musik dan penampilan dari 28 peserta Gelar Desa Wisata Purbalingga. Gelar Desa Wisata Purbalingga ini menampilkan produk lokal dan dan potensi wisata desa. Kemudian penampilan seni budaya daerah lingkar Gunung Slamet, bersih dan kenduri desa.

"Dengan dilakukannya pengabdian masyarakat tersebut diharapkan masyarakat mendapatkan kemandirian ekonomi dengan memamfaatkan potensi alam sekitar," ujar Rida. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: