ASIK akan Menjadi Portal Pelaporan Utama Imunisasi Anak

ASIK akan Menjadi Portal Pelaporan Utama Imunisasi Anak

Target capaian booster pertama 40 persen belum tercapai bulan ini karena vaksinator puskesmas berbagai tenaga untuk BIAN salah satunya imunisasi HPV.-Foto Yudha Iman/ Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Dinkes Banyumas mengingatkan puskesmas bahwa ke depan pelaporan imunisasi anak dengan Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) menjadi yang utama.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Banyumas, dr Arif Sugiono mengatakan kepada pelaksana teknis di lapangan akan ada pendampingan dan pelatihan kepada seluruh puskesmas dengan menghadirkan narasumber dari Kemenkes khusus membahas pencatatan pelaporan imunisasi anak menggunakan ASIK.

"ASIK ini saat di periode awal pelaksanaan BIAN belum asik. Namun ke depan visinya bagus yaitu satu data untuk vaksin dan penyakit," katanya.

dr Arif menjelaskan ASIK diluncurkan oleh Kemenkes untuk memudahkan dalam pencatatan imunisasi pada anak. Anak-anak yang sudah mendapatkan imunisasi akan terekam secara digital di ASIK yang terintegrasi dengan PeduliLindungi.

"Untuk pencatatan terkait Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti laporan hipertensi sudah menggunakan ASIK," terangnya.

Dirinya melanjutkan nantinya akan ada semacam aplikasi e-Kohort untuk bayi juga bisa diintegrasikan dengan ASIK. Kemudian status pasien, imunisasi dari nol sampai lima tahun juga ada. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: