Transformasi Arsip ke Era Digital di Banyumas

Transformasi Arsip ke Era Digital di Banyumas

Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), di Pendopo Si Panji, Jumat (2/12).--

PURWOKERTO - Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dicanangkan juga di  Banyumas.

Bahkan hadir langsung Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs Imam Gunarto MM, Jumat (2/12).

PLT Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas Dra Rustin Harwanti MSi mengatakan dengan GNSTA akan terwujudnya 6 tertib yaitu Tertib Kebijakan, Tertib Organisasi, Tertib Sumber Daya Manusia Kearsipan, Tertib Prasarana dan Sarana Kearsipan, Tertib Pengelolaan Arsip, dan Tertib Pendanaan pada seluruh unit pencipta arsip di lingkungan Pemertintah Kabupaten Banyumas.  

Rustin katakan bahwa pelaksanaan kegiatan Pencanangan GNSTA akan terwujud penciptaan naskah dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, penggunaan aplikasi SRIKANDI, pemberkasan arsip aktif disetiap unit pencipta arsip.

BACA JUGA:Unggul Dalam Pemberdayaan UMKM, BRI Sabet Dua Penghargaan BI Awards 2022

Serta, pelaksanaan program arsip vital dan arsip terjaga, melakukan pemindahan arsip inaktif secara berkala, melakukan pemusnahan arsip arsip yang telah habis masa retensinya sesuai JRA, melakukan pengawasan kearsipan.

"Kami juga sampaikan di era digitalisasi sekarang mau tidak mau kita harus mentransformasikan diri dari pengelolaan manual ke digital untuk kecepatan, keakuratan dan ketepatan informasi," kata dia. 

Ia mengatakan, Pemerintah Pusat sudah menetapkan Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis untuk mendukung penyelenggaraan kearsipan dinamis yaitu Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

BACA JUGA:Area Gedung Taman Budaya Soetedja yang Apik Ternyata Belum Dilengkapi Drainase

"Ini yang harus segera di gunakan di Kabupaten Banyumas. Maka kami mohon dukungan semua pihak terutama dari OPD untuk bisa berjalan dengan baik," katanya.  (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: