Baca Al Quran Surah Al Kahfi di Hari Jumat, Ini Dasar dan Keutamaannya

Baca Al Quran Surah Al Kahfi di Hari Jumat, Ini Dasar dan Keutamaannya

Surah Al Kahfi di hari Jumat yang mulia. Apa dasar dan keutaman dari membaca ayat suci Al Quran itu --

Dikutip dari website resmi Muhammadiyah, dengan membaca surat Al Kahfi mampu meningkatkan keimanan. Doa yang diucapkan dapat menjadi penyempurna menjaga kualitas keimanan setelah melalui tindakan nyata. Secara prinsip, kita bisa berdoa meminta peningkatan iman kepada Allah dengan ucapan dan bahasa apa saja.

Ini adalah doa-doa untuk menguatkan iman yang diambil dari Al-Qur’an:

Dari  QS Al-Kahfi ayat 10

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

“Wahai Rabb kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan ini.”

2. Terhindari dari fitnah Dajjal

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Nabi Muhammad SAW bersabda jika seorang manusia rajin membaca surah Al-Kahfi tidak hanya pada hari jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

“Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan mengampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Imam Nawawi menjelaskan bahwa pada awal surah Al-Kahfi terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Sebagaimana yang dalam Al-Kahfi ayat 102 berbunyi:

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir.”

3. Mendapat ampunan Allah

Setiap manusia pasti memiliki dosa, entah itu banyak atau sedikit. Dari membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, Insha Allah dosa-dosa kita bisa terhapus.

Sesuai yang terkandung dalam HR. Abu Bakr bin Mardawaih, bahwa Rasullulah SAW bersabda; “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

4. Pengingat hari kiamat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: