Wisata Buah Naga jadi Incaran Pedagang Buah

Wisata Buah Naga jadi Incaran Pedagang Buah

Pengunjung petik buah naga sendiri di kebun, Rabu (23/11). Kebun buah naga merupakan salah satu Pokja Desa Wisata Kreatif Pekunden. Fijri/Radarmas--

BANYUMAS-Salah satu kelompok kerja Desa Wisata Kreatif Pekunden Kecamatan Banyumas adalah kebun buah naga. Penerapan teknologi penerangan lampu memungkinkan berbuah tanpa mengenal musim.

Oleh karena itu, kebun buah naga tidak hanya menjadi destinasi wisata. Setiap musim panen juga menjadi incaran pedagang buah.

"Buah naga yang langsung petik sendiri dari pohon lebih tahan lama. Keuntungan untuk pedagang buah," ujar Ari Yulia, Selasa (29/11).

Ketika mengambil buah naga dari pemasok. Maka buah naga sudah dalam perjalanan sekitar tiga hari. Oleh karena itu, sampai di pedagang buah kesegaran telah berkurang.

Ari Yulia menuturkan kerap datang untuk membeli ke kebun buah naga di Pekunden. Keuntungan lainnya dapat memilih sendiri ukuran buah naga.

Terpisah, Sutrisno pemilik kebun buah naga mengatakan pelanggan yang membeli untuk dijual kembali selalu berpesan. Agar setiap kali panen untuk mengabari.

"Tergantung ketersediaan buah naga juga bagi pelanggan yang pesan. Karena jumlah bunga tidak tentu," ujar Sutrisno.

Semakin banyak bunga yang muncul maka ukuran buah naga relatif lebih kecil. Sebaliknya, ketika bunga tidak terlalu banyak berpengaruh pada buah yang lebih besar. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: